Review: PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS EDUCATION GAME
Keywords:
Kurikulum Merdeka, Driving School, Learning LossAbstract
This study aims to examine the development process and the effectiveness of interactive multimedia with education games. This study was designed using Research and Development (R&D) research methods with the stages of identifying problems and potentials, collecting data. There are two stages in this research, namely the stage of the interactive multimedia development process with education games and the effectiveness test. Based on the results of the study, it shows that interactive multimedia with education games is effective and feasible to be used as a learning medium
References
Afifah, N., Isnaini, M., & ‘Aini, K. (2018). Hubungan Media Pembelajaran Komik dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 4(1), 9–13.
Agusta, E., & Arisandy, B. D. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Sstem Pernapasan di Kelas XI SMA PGRI Prabumulih. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(2), 109–123.
Aini, K., & Armanda, F. (2020). Konstruksi Lingkungan Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Matakuliah Biologi Hewan. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi (Agustus), 10(2), 10–15.
Aini, K., & Fahmy, A. (2020). Konstruksi Lingkungan Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Umum. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 10(2).
Anggun, D. P., Alberida, H., & Ardi. (2018). Pengaruh Penggunaan Papan Buletin dalam Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match ( ICM ) terhadap Kompetensi Kognitif Siswa SMA. JEMST, 1(2), 34–39.
Aryanti, E., & Hiras Habisukan, U. (2020). Analisis Keterampilan Bertanya Peserta Didik pada Model Problem Based Learning Mata Pelajaran Biologi Di SMA Nurul Iman Palembang Analysis of Students’ Questioning Skills on the Problem Based Learning Model of Biology Subjects at Nurul Iman High School Pa. In Jurnal Biologi Edukasi Edisi (Vol. 23).
Chairunnissa, T., Aini, K., Riswanda, J., & Agata, D. A. (2019). Review : Keterampilan Proses Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 44–48.
Darnella, R., & Afriansyah, D. (2020). Penerapan Metode Concept Mapping (Peta Konsep) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Gerak di MAN 1 Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, Dan Sains, 9(1).
Dewi, R.,Novi, S. & Irsadi, A. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Education Game Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Tema Cahaya Untuk Siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
Dewanti, R. A., Yana, Y., Maretha, D. E., Ulfa, K., Riswanda, J., & Nurokhman, A. (2019). Validitas Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang pada Materi Plantae di Kelas X SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 23–28.
Diba, H. Y., Astari, N. T., Anggun, D. P., Maretha, D. E., Riswanda, J., Afriansyah, D., Ulfa, K., & Destiansari, E. (2019). Review : Efektivitas Media Pembelajaran yang Dilengkapi dengan Model Pembelajaran untuk Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 2016–2019.
Febria Orkha, M., Anggun, D. P., & Wigati, I. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Mind Mapping pada Materi Sistem Peredaran Darah SMA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 77.
Hariyanti, M., Tri Samiha, Y., Maretha, D. E., & Hapida, Y. (2019). Hasil Pembelajaran Kognitif dengan Model Pembelajaran POE pada Pelajaran IPA di SMP/SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 89–94.
Maharani, A., Azizah, I. M., Astari, M. T., Wigati, I., Oktiansyah, R., & Hapida, Y. (2019). Review : Kemampuan Literasi Sains berdasarkan Gender dalam Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 62–67.
Mareta Cahyani, P., Maretha, D. E., & Asnilawati. (2020). Ensiklopedia Insecta (1st ed., Vol. 1). NoerFikri.
Marlina, L., Habisukan, U. H., & Arfika, D. (2017). Pengaruh Penerapan Model TPS (Think Pair Share) terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Biologi di MTs Negeri 1 Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(1), 25–37. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v3i1.1337
Meretha, D. E., & Asnilawati. (2020). Pencemaran Lingkungan untuk SMA/MA Kelas X (Vol. 1). NoerFikri.
Meretha, D. E., Yustina Hapida, & Muhammad Anas Widhya. (2020). Modul Pengayaan untuk Kelas SMA/MA Kelas X Semester II: Pencemaran Lingkungan akibat Eksploitasi Batubara di Kecamatan Sungai Lilin (Vol. 1). NoerFikri.
Miftahussa’adiah, Alberida, H., & Handayani, D. (2020). Pengembangan Asesmen Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sistem Sirkulasi untuk Siswa SMA Kelas XI Development of Critical Thingking Assesment of Circulation System Material for Grade XI High School Students. SIMBIOSA, 9(1), 39–51. https://doi.org/10.33373/sim-bio.v9i1.2423
Miftahussa’adiah, Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2020). Modul Identifikasi Aksi Gen F 2 Tanaman Kedelai Berbasis Discovery Learning untuk Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitan Dan Pengembangan, 5(5), 683–693. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062
Pangestu, I., Habisukan, U. H., Hapida, Y., Handayani, T., & Oktiansyah, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Mind Mapping pada Materi Eubacteria Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 82–88.
Pratami, R., & Afriansyah, D. (2019). Review : Pengaruh Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar IPA Pealajaran Biologi pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 76–81.
Rahmawati, P., Aini, K., Riswanda, J., & Aisyah, N. F. (2019). Review : BERPIKIR KRITIS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 39–43.
Saputri, W., & Handayani, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Calon Guru Berkemampuan Akademik Bawah dengan Model RQA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(2), 79–90.
Sanjaya, O. C., Habisukan, U. H., Aini, K., & Hapida, Y. (2019). Pengembangan Media Puzzle sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Materi Eubacteria di SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 95–99.
Sari, D. M., Wardhani, S., & Handaiyani, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share ( TPS ) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) pada Materi Keanekaragaman Hayati terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di Sma Muhammadiyah 3 Palembang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 16–22.
Sari, I. P., Samiha, Y. T., Habisukan, U. H., & Wigati, I. (2019). Review : Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik ( E-LKPD ) menggunakan Model ADDIE. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 68–75.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Susanto, N (2013). Chemistry in Education. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined
Ulfa, K., & Rozalina, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Materi Sistem Pencernaan di SMP. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 10–22.
Ulfa, K., Supriatno, B., Anggraini, S., Studi, P., Biologi, P., Raden, U., & Palembang, F. (2020). Validitas Pengembangan Strategi Pembelajaran PPDP pada MAteri Fotosintesis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XII SMA di Kota Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(1), 65–76.
Vadilla, V. N., Habisukan, U. H., Aini, K., Tastin, & Hapida, Y. (2019). Pengembangan Buku Saku sebagai Media Pembelajaran pada Materi Eubacteria di SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 106–110.