PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIT OPTIK BERBASIS GUIDED INQUIRY TERHADAP KOMPETENSI KOGNITIF SISWA PADA MATERI CAHAYA DI SMP N 40 PALEMBANG

Authors

  • Tri Hardiyanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Amilda Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Khalida Ulfa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Anggun Wicaksono Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • David Setyabudi SMK Negeri 8 Palembang
  • Lia Novita Sari SMK Negeri 8 Palembang

Keywords:

KIT, Guided inquiry, The students' cognitive, Pre-experimental design

Abstract

KIT optical media-based learning is guided inquiry learning media will be presented to the learner and the teacher as a facilitator in guiding students in pembelajaran. Research the process aims to determine the effect of optical media-based learning KIT guided inquiry against cognitive competence sub material class VIII in human vision The SMP N 40 Palembang. This study was conducted on 24 to June 27, 2019. This research method is Pre Experimental Design The research design group pretest-posttest design. The population in this study are all students of class VIII. The study sample consisted of two classes taken using purposive sampling technique. The technique of collecting data using interviews, tests and dokumentation. Data were analyzed using SPSS 22. Can be seen from the pretest 33,86 are increased when the posttest with a value of 88,82.Hal can be seen from the calculation hypothesis (t-test) shows that the significance (0.000 <0.05). The analysis showed that the optical media-based learning guided inquiry KIT effect on students' cognitive competence. Learning to use optical media-based learning KIT guided better and effective inquiry. The learning process in sub human visual material may be more effective and centered on students who make students more active in their learning.

References

Anindityas, N. A., Utami, N.R & Widiyaningrum, P. (2012). Penggunaan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia Pada Kualitas Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 1 (2): 60-69. Diakses Pada Hari Selasa, 05 Februari 2019.

Ambarsari. (2013). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi UNS, Vol. 5, No. 1, 81-95. Diakses Pada Hari Selasa, 05 Februari 2019.

Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Azhari, A., & Armanda, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Materi Ajar Biologi. Prosiding Seminar Nasional Prodi Pendidikan Biologi 2018, 56–63.

Dewanti, R. A., Yana, Y., Maretha, D. E., Ulfa, K., Riswanda, J., & Nurokhman, A. (2019). Validitas Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang pada Materi Plantae di Kelas X SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 23–28.

Diba, H. Y., Astari, N. T., Anggun, D. P., Maretha, D. E., Riswanda, J., Afriansyah, D., Ulfa, K., & Destiansari, E. (2019). Review : Efektivitas Media Pembelajaran yang dilengkapi dengan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 2016–2019.

Falahudin, Iwan. (2014).Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 4 (1), 104-117. Diakses pada hari Selasa, 05 Februari 2019.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Khalbu, T., Amalia, T., Ulfa, K., Riswanda, J., Maretha, D. E., Nurokhman, A., Samiha, Y. T., Sariwulan, R. M., Habisukan, U. H., Anggun, D. P., Destiansari, E., Fuadiyah, S. diatul, & Rahmawati, D. (2018). Validitas Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTs. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2018, 1(1), 75–85.

Krathwol, D & Lorin, W.A. (2015). Kerangka Landasan Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Naga, M., Syarifah, Oktiansyah, R., Habisukan, U. H., & Armanda, F. (2018). Pengembangan LKPD Interaktif sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2018, 64–69.

Oktafiani, P., Bambang, S & Sukiswo, S.E. (2017). Pengembangan Alat Peraga Kit Optik Serbaguna (AP-KOS) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3 (2). Diakses Pada Hari Selasa, 05 Februari 2019.

Pangestu, I., Habisukan, U. H., Hapida, Y., Handayani, T., & Oktiansyah, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Mind Mapping pada Materi Eubacteria Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 82–88.

Rahmawati, A., Musdalifah, Ulfa, K., Maretha, D. E., Nurokhman, A., Samiha, Y. T., Miftahussa’adiah, Sariwulan, M., Anggun, D. P., Destiansari, E., Fuadiyah, S., & Rahmawati, D. (2018). Validitas Pengembangan Media Pembelajaram Monopoli pada Materi Ekologi Kelas X SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2018, 49–55.

Rianti, Habisukan, U. H., Hapida, Y., Handayani, T., & Oktriansyah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sistem Imun. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2018, 4, 1.

Rosa, F.O. (2015). Pengembangan modul pembelajaran IPA SMP pada materi tekanan berbasis keterampilan proses sains. Jurnal pendidikan fisika. p-ISSN: 2337-5973, e-ISSN: 2442-4838. Diakses pada hari Jumat, 19 Juli 2019.

Rustaman, N.Y. (2011). Pendidikan dan Penelitian Sains Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Untuk Pembangunan Karakter. Makalah Seminar Nasional VIII P. Surakarta: FKIP UNS.

Sanjaya, O. C., Habisukan, U. H., Aini, K., Tastin, & Hapida, Y. (2019). Pengembangan Media Puzzle sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Materi Eubacteria di SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 95–99.

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Setiowati, H., Nugroho, A & Agustina W. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dilengkapi Lks Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas Xi Mia SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 4 No. 4 Tahun 2015 Hal. 54-60. Diakses Pada Hari Selasa, 05 Februari 2019.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Prograsif. Jakarta : Prenada Media UNNES PRESS.

Vadilla, V. N., Habisukan, U. H., ’Aini, K., Tastin, & Hapida, Y. (2019). Pengembangan Buku Saku sebagai Media Pembelajaran pada Materu Eubacteria di SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 106–110.

Widiyatmoko, A & Pamelasari, S.D. (2012). Pembelajara Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, JPII 1, Nomor 1. Diakses Pada Hari Selasa, 05 Februari 2019.

Zaini, H. (2015). Karakteristik Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jurnal Idaroh, Vol. 1 No 1. Diakses pada hari Selasa, 05 Februari 2019.

Downloads

Published

2020-11-23

How to Cite

Hardiyanti, T., Amilda, A., Ulfa, K. ., Wicaksono, A., Setyabudi, D., & Novita Sari, L. . (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIT OPTIK BERBASIS GUIDED INQUIRY TERHADAP KOMPETENSI KOGNITIF SISWA PADA MATERI CAHAYA DI SMP N 40 PALEMBANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 3(1), 139–146. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio/article/view/529