ANALISIS PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KIMIA SECARA ONLINE DAN OFFLINE PASCA PANDEMI COVID-19 DI PRODI PENDIDIKAN KIMIA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan pembelajaran secara online maupun Offline pada masa setelah pandemic Covid-19, pandemic covid-19 memberikan dampak yang sangat berpengaruh pada kehidupan sehari hari, termasuk di bidang pendidikan, bahkan di masa setelah pandemic covid-19, beberapa fakultas di UIN Raden Fatah masih menerapkan pembelajaran secara online dengan persentase offline dan online 50 : 50. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan kuisioner melalui google formulir yang ditargetkkan kepada mahasiswa program studi Pendidikan kimia sebanyak 50 mahasiswa pada semester 2, 4, dan 6. Metode yang digunakan dalam melakukan Tinjauan pustaka dan melakukan survey kepada 50 orang mahasiswa Pendidikan kimia yang dipilih secara acak, agar bisa mengetahui permasalahan yang terjadi di lapangan. Masalah yang diangkat pada penelitian ini yaitu perbandingan antara system belajar secara online atau offline pasca pandemic covid-19, dilakukan pengujian dan penelitian dari sekarang agar dapat dijadikan rujukan penelitian kedapannya. Penelitian ini menghasilkan data apakah ada pengaruh pembelajaran online dan offline pada masa pasca pandemic covid-19 yang akan menjawab masalah penelitian yang diangkat.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alfitrah, R., Hartatiana, H., & Pratiwi, R. Y. (2021). Adobe Flash Proffesional Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Kimia Larutan. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 67-80.
Givan, B., Wirawan, R., Andriawan, D., Aisyah, N., Asep, & Putra, A. S. (2021). Effect of Ease And Trustworthiness To Use E-Commerce for Purchasing Goods Online. International Journal of Educational Research & Social Sciences (IJERSC), 2(2), 277–282.
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44
Laksono, P. J. (2021). Literasi Digital Calon Guru Sains di Universitas Islam pada Masa Pandemi Covid-19. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 91-109.
Lestari, W., Wigati, I., Sholeh, M. I., & Pramita, D. (2022). Instrumen Literasi Digital Guru Menggunakan Model Rasch. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2), 104-113.
Marfu'ah, S., Anwar, S., & Hendrawan. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Sistem Koloid Menggunakan Metode Four Steps Teaching Material Development. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 6 (3), 715-727. https://doi.org/10.20961/jdc.v6i3.66524
Putriyana et all(2022). Analisis kegiatan Belajar Offline dan Online pada siswa kelas 9 MtsN 4 BOJONEGORO Di Era Pandemi Covid-19, Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume 3 – Nomor 2, April 2022, 159-169.
Wigati, I., & Fithriyah, M. (2022, March). Post Covid-19 Strategy Through Supporting Teacher Digital Literacy as the Sustainable Decision to Enhance Education System: Indonesia Case Study. In 2022 International Conference on Decision Aid Sciences and Applications (DASA) (pp. 851-857). IEEE.
Wulandari et all(2020). Analisis Perbandingan Perkuliahan Online dan Offline Terhadap Mahasiswa STKIP. Muhammadiyah Muara Bungo.