Perubahan Konseptual Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kelarutan Melalui Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Dengan Bantuan Media Animasi

Authors

  • Tia Yulianova SMA Al Ittihad Cianjur
  • Rizka Husnu Maulana STIS Nahdlatul Ulama Cianjur

Keywords:

Konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan, Model Pembelajaran Perubahan Konseptual, Perubahan Konseptual siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan konsepsi siswa pada materi kelarutan dan hasil kelarutan setelah mengikuti pembelajaran dengan model perubahan konseptual. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan subjek penelitian 32 siswa SMA Negeri 1 Majalengka. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu (1) tes kemampuan awal, (2) pembelajaran menggunakan model perubahan konseptual, dan (3) tes kemampuan akhir. Konsepsi siswa dikelompokkan dalam empat kategori, yaitu Identical fit, incomplete fit, approximate fit dan no conception. Pada tes kemampuan awal, sebanyak 9,4 % siswa berada pada kategori approximate fit, 43 % siswa berada pada kategori incomplete fit, dan 47.4% siswa berada pada kategori no conception untuk semua indikator. Pembelajaran dengan menggunakan model perubahan konseptual pada konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan melalui bantuan media animasi dapat memfasilitasi siswa untuk mengubah konsep awal yang bertentangan dengan konsep yang sebenarnya dan siswa dapat mengakomodasi pengetahuan baru dengan baik. Pada umumnya setelah siswa diberikan model pembelajaran perubahan konseptual, sebanyak 99 % siswa mengalami peningkatan profil konsepsi dan 1 % siswa tidak mengalami perubahan profil konsepsi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chang, Raymond. (2003). Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Erlangga.

James, Gallagher. (2007). Teaching Science for Understanding. Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.

Munir. (2012). Multinedia : Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Onder & Geban. (2006). The Effect of Conceptual Change Texts Oriented Instruction on Student’s Understanding of The Solubility Equilibrium Concept. Journal of Education Hacettepe Universitesi. 30, 166-177.

Ozedmir & Clark. (2007). An Overview of Conceptual Change Theories. Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 3(4), 351-361.

Posner. Et. al. (1982). Accomodation of a Scientific Conception : Towards a Theory of Conceptual Change. Departement of Education, 66(2), 211-227

Rolka, K. (2007). Proceedings of the 31st Conference of the international Group for the Pshycology of Mathematics Education (pp. 121-128). The Role of Cognitive Conflict in Belief Changes.University of Dortmund.

Sanger, M.J & Greenbowe, T.J. (1997). Common Student Misconceptions in Electrochemistry: Galvanic, Electrolytic and Concentration Cells. Journal of Research in Science Teaching. 34(4), 377-398.

Santyasa, Wayan (2005). Workshop Penelitian Tindakan Kelas. Model-model Pembelajaran Inovatif (pp. 26-32). Nusa Penida: Tidak diterbitkan.

Suparno, Paul. (2012). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta : Kanisius.

Toka & Askar. (2002). The Effect Of Cognitive Conflict an Conceptual Change Text on Student’s Achievement Related to First Degree Equations with Ones Unknown. Journal of Education Hacettepe Universitesi. 23 (2), 211-217.

Wati, Widya (2010). Makalah Strategi Pembelajaran. Model Pembelajaran (pp. 2-8). Padang : tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2022-08-13

How to Cite

Yulianova, T., & Maulana, R. H. . (2022). Perubahan Konseptual Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kelarutan Melalui Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Dengan Bantuan Media Animasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 44–51. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/52