KESULITAN BELAJAR PADA MATERI PELAJARAN REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI SISWA SMA

Main Article Content

Ayu Ramadini
Rosa Linda

Abstract

Kurang optimalnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran reaksi redoks dapat disebabkan oleh karena kurangnya siswa dalam memahami konsep sehingga peserta kesulitan menyelesaikan permasalahan dalam soal. Adapun tujuan penulis melakukan penelitian tersebut ialah untuk mengetahui tingkat kesulitan yang dialami peserta didik pada mata pelajaran reaksi redoks, untuk mereduksi siswa dan mencari tahu hal yang membuat siswa mengalami salah pengertian/miskonsepsi materi reaksi redoks. Dimana kebanyakan siswa kurang dalam memahami materi reaksi redoks dan menimbulkan berbagai dampak. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur yang dilakukan dengan cara menganalis dan mereview berbagai jurnal yang membahas kesulitan dalam belajar yang ditemui saat siswa belajar materi reaksi redoks. Dari hasil studi literatur penelitian ini menunjukkan kesulitan belajar yaitu miskonsepsi yang dialami peserta didik (1) Konsep redoks berdasarkan pengikatan dan pelepasan elektron (2) menentukan bilangan oksidasi suatu atom yang ikut bereaksi, (3) tidak bisa membedakan antara reaksi oksidasi atau reduksi dengan benar, melalui analisis beberapa jurnal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ramadini, A., & Linda, R. (2022). KESULITAN BELAJAR PADA MATERI PELAJARAN REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI SISWA SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 61–65. Retrieved from http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/54
Section
Articles

References

Al-fatihah, Z. N., Isnaini, M., & Laksono, P. J. (2021). Pengembangan instrumen tes diagnostik three-tier multiple choice untuk mendeteksi miskonsepsi pada materi kesetimbangan kimia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 9(1), 21-30.

Andrianie, Dwi dkk,. 2018. Representasi Kimia Mereduksi Miskonsepsi Peserta Didik Dalam Sub Bab Reaksi Redoks Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Bantuan LKS. Chemistry In Education. 7 (2), hal. 69-76

Falahudin, I., Wigati, I., & Astuti, A. P. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran materi pengelolaan lingkungan di SMP Negeri 2 Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 2(2).

Sulalah, Anis Wardha., Suryadharama, Ida Bagus., Sukariaingsih, dedek. 2017. Kesulitan Belajar Siswa pada pemahaman konsep Reaksi Redoksi dan Oksidasi. Jurnal Pembelajaran Kimia. 2(1), hal. 14-20Pradjosantoso, A., Richardus, Jundu. 2018. Efektivitas Pembelajaran 5 M & Problem Based Learning Tentang Pemahaman Konsep Kimia. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan & Kebudayaan mission Volume 10.

Supriadi, Rahman, N., & Chairunnisa. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kimia Materi Penyetaraan Reaksi Reduksi dan Oksidasi dengan Menggunakan Lesson Study di SMA N 2 Palu kelas 12 IPA. J. Akad. Kim Vol.06, No. 1, Hal. 2477-5185.

Nadiyya, Khusn I Akhsanu, Elfi Susanti VH, dan Bakti Mulyani. 2020. Analisis Miskon sepsi Peserta Didik Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi dengan Memakai Three-Tier Test di SMA Negeri 2 Karanganyar Kelas 10 MIPA.

Nopiyanita Tri, Ashadi, Haryono. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Teams games tournament guna menumbuhkan Prestasi Belajar dan Kreatifitas Kimia Peserta didik pada Reaksi Reduksi Oksidasi Semester dua kelas 10. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(4)

Ni Ngh. Apriadi Sanggih dkk. Identifikasi Miskonsepsi Peserta didik SMA Kelas 10 Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Vol.02, No. 2 , Hal. 70-77

Pratiwi yussi, dkk. 2014. Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada sub bab Reaksi Reduksi Oksidasi Di SMA N 5 Surakarta Kelas 10. Jurnal Pendidikan Kimia.Vil.3, No. 3.

Astuti, R. T., & Marzuki, H. (2017). Analisis kesulitan pemahaman konsep pada materi titrasi asam basa siswa SMA. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 22-27.

Rizki Maulidina, dkk. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah untuk Mengurangi Miskonsepsi Pada Konsep Kimia Sub Bab Reaksi Reduksi Okidasi. Jurnal Zarah. 8(1). Hal. 14-20.

Susanti Laily Yunita, dkk. 2018. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis STEM (Sains, Technoogy, Engineering, dan Mathematics) Guna Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik SMK/SMA pada Pokok Bahasan Reaksi Reduksi Oksidasi. Jurnal Pendidikan Sains. 6(2). Hal. 32-40.

Tiak Loriana, dkk. 2019. Penerapan Metode Praktikum dengan Bahan Alami pada mata Pelajaran Kimia Pokok Bahasan Reaksi Reduksi Oksidasi Guna Meningkatkan Hasil Beajar Peserta Didik. Oxygenius Journal Of Chem. Edu. 1(1). Hal. 1-4.

Wulandari, Puput Istika, Vakti Muyani, Budi Utami. 2019.