PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL 3D PADA MATERI IKATAN KIMIA DITINJAU DALAM LEVEL REPRESENTASI KIMIA DAN KECERDASAN VISUOSPASIAL
Main Article Content
Abstract
Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi tantangan yang bukan menjadi sebuah alasan untuk tidak memberikan layanan terbaik dalam proses pembelajaran. Pada proses pembelajarannya terdapat beberapa kendala, salah satunya peserta didik sulit memahami beberapa materi yang membutuhkan pemahaman konsep seperti materi ikatan kimia. Dibutuhkan pemahaman pada 3 aspek representasi kimia untuk memperoleh efektivitas pembelajaran yang optimal. Tujuan dari systematic review ini ialah untuk bereksplorasi lebih lanjut bagaimana penggunaan atau pemanfaatan media berbasis digital 3D dalam pemahaman aspek representasi kimia dan kecerdasan visuospasial. Metode systematic review ini ialah dengan mencari jurnal melalui electronic data base menggunakan Proquest, Google Schoolar, Wiley dan Sciencedirect. Kesimpulan yang didapatkan dari analisis 18 jurnal ini adalah media berbasis digital 3D dapat dimanfaatkan dalam pelajaran kimia yang pada saat ini membutuhkan visualisasi, seperti ikatan kimia. Dalam materi molekul geometri yang menggunakan 3 dimensi dapat membantu mereka dalam memahami level submikroskopik dan simbolik serta meningkatkan kemampuan visuospasial peserta didik.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alfitrah, R., Hartatiana, H., & Pratiwi, R. Y. (2021). Adobe Flash Proffesional Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Kimia Larutan. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 67-80.
Apriani, R., Apriani, R., Harun*, A. I., Erlina, E., Sahputra, R., & Ulfah, M. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Multipel Representasi dengan Bantuan Teknologi Augmented Reality untuk Membantu Siswa Memahami Konsep Ikatan Kimia. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(4), 305–330. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i4.23260.
Asri, A. S. T., & Dwiningsih, K. (2022). Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 465–473. https://doi.org/10.33369/PENDIPA.6.2.465-473.
Astuti, R, Marzuki. 2017. Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep pada Materi Titrasi Asam Basa Siswa SMA. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 1. No. 1.
Asyhar, R., Afrida, A., & Widiastiningsih, W. (2018). Pengembangan E-Modul Menggunakan Software 3D Pageflip Professional untuk Pembelajaran Ikatan Kimia Kelas X SMA Islam Al Falah Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress), 7(1), 18–24. https://doi.org/10.22437/jisic.v7i1.4837.
Bülent, Pekdağ. 2010. Alternative Methods in Learning Chemistry: Learning with Animation, Simulation, Video and Multimedia Development of Digital Education Materials for Teacher Education on Measurement and Evaluation View project. Journal of TURKISH SCIENCE EDUCATION. Vol. 7. No. 2.
Fathul, A., Anshori, J., Kharisma Purwanto, K., Priyasmika, R., Studi, P., Kimia, P., Kip, F., Billfath, U., Kompleks, A., Al, P., Siman, F., & Lamongan, S. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tgt-Puzzle terhadap Kecerdasan Spasial-Visual pada Materi Bentuk Molekul. Discovery : Jurnal Ilmu Pengetahuan, 7(1). https://doi.org/10.33752/DISCOVERY.V7I1.2417
Fitriani, E., Suhartono, S., & Mugiarti, I. (2019). Make it real: Simulation of 3D molecules using Augmented Reality in chemical bonding topic. Journal of Physics: Conference Series, 1402(5). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/5/055058
Helsy, I., & Andriyani, D. L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Kesetimbangan Kimia Berorientasi Multipel Representasi Kimia. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 2(1), 104–108. https://doi.org/10.15575/JTA.V2I1.1365
Kartini, K. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X. JURNAL REDOKS : JURNAL PENDIDIKAN KIMIA DAN ILMU KIMIA, 2(1), 29–33.https://doi.org/10.33627/RE.V2I01.110
Krüger, J. M., Palzer, K., & Bodemer, D. (2022). Learning with augmented reality: Impact of dimensionality and spatial abilities. Computers and Education Open, 3, 100065. https://doi.org/10.1016/J.CAEO.2021.100065
Laksono, P. J. (2021). Literasi Digital Calon Guru Sains di Universitas Islam pada Masa Pandemi Covid-19. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 91–109. https://doi.org/10.19109/OJPK.V5I2.10301
Muderawan, I. W., Wiratma, I. G., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17–23. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20944
Nisa, A., & Dwiningsih, K. (2022). Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Visualisasi Geometri Molekul Berbasis Mobile Virtual Reality (MVR). PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 135–142. Https://doi.org/10.33369/PENDIPA.6.1.135-142
Nisa, H., Namira, F., Jasmidi, Sudrajat, A., & Juwitaningsih, T. (2021). Analysis of online learning based edmodo in pandemic era in atomic structure classes x at senior high school harapan 1 Medan | Nisa | Jurnal Pendidikan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 13(3), 212–222. https://doi.org/10.24114/jpkim.v13i3.29104
Sagita, R., Azra, F., Azhar, M., Kimia, J., Universitas, F., & Padang, N. (2017). Pengembangan Modul Konsep Mol Berbasis Inkuiri Terstruktur dengan Penekanan Pada Interkoneksi Tiga Level Representasi Kimia Untuk Kelas X SMA. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 1(2), 25–32. https://doi.org/10.24036/JEP.V1I2.48
Santos, V. C., & Arroio, A. (2016). The representational levels: Influences and The representational levels: Influences and contributions to research in chemical education. 3–18. https://doi.org/10.12973/tused.10153a
Syarifuddin, M. K., & Dwiningsih, K. (2020). The Validity Multimedia Interactive Bases Android On Ionic Bond Material. JCER (Journal of Chemistry Education Research), 4(2), 63–70. https://doi.org/10.26740/JCER.V4N2.P63-70
Tamami, A. A., & Dwiningsih, K. (2020). The Effectivity of 3D Interactive Multimedia to Increase the Students’ Visuospatial Abilities in Molecule. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 53(3), 307–316. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.23887/jpp.v53i1.-25883