PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS MODEL SOLE (SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT) PASCA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Nora Agysna
Nasya Nur Ariska

Abstract

Setelah mengalami pembelajaran jarak jauh selama dua tahun, pada tahum 2022 pembelajaran ditetapkan menjadi pembelajaran tatap muka terbatas 50%. Ada perubahan pola pembelajaran dari jarak jauh lalu di buat secara tatap muka. Pendidik harus menyesuaikan model pembelajaran yang tepat dalam mengatasi ini. Terutama pada pembelajaran kimia. Pendidik harus memilih model pembelajaran yang tepat untuk materi kimia yang bersifat teoritis dan abstrak. Model pembelajaran yang konvensional masih diterapkan oleh guru sehingga peserta didik merasa jenuh dan membuat hasil belajar yang menurun. Oleh karena itu diterapkanlah model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) adalah pembelajaran yang menitik beratkan pada siswa untuk belajar secara mandiri atau siswa menciptakan lingkungan belajar degan sendirinya. Sintak dari model ini 1) Question 2) Investigation 3) Review. Dengan menggunakan model ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan membuat peserta didik dapat menerapkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi dan komunikasi. SOLE bisa dimodifikasi sinkron dengan keadaan baik masa covid-19 ataupun pasca covid-19 dengan  ketersediaan sarana sehingga bisa menyampaikan konsep pada siswa. Model ini juga merupakan inovasi pembelajaran yang mendukung kurikulum merdeka dimana kurikulum ini menekankan pada siswa belajar dengan minatnya sendiri. Penelitian ini menggunakan Systematic Review dengan tujuan untuk mengksplor lebih dalam lagi mengenai model SOLE dengan menggunakan Data Base Google Schoolar mereview 10 artikel yang telah dipilih oleh peneliti dengan menggunakan kata kunci “Self Organized Learning Enviroment” dan “Model Pembelajaran Kimia” dengan rentan jurnal 2020-2022. Kesimpulan pada penelitian ini adalah model ini dapat meningkatkan hasil belajar dan dapat menaikkan kemandirian belajar serta keefektifan belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Agysna, N., & Ariska, N. N. (2022). PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS MODEL SOLE (SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT) PASCA PANDEMI COVID-19 . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 110–117. Retrieved from http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/60
Section
Articles

References

Alfitrah, R., Hartatiana, H., & Pratiwi, R. Y. (2021). Adobe Flash Proffesional Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Kimia Larutan. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 67-80.

Annisa, A., & Laksono, P. J. (2021). The Importance of Scientific Chemistry Literacy in 21st Century Learning. In Proceedings of International Education Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 62-66).

Asmawati, L., Hidayat, S., & Atikah, C. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Self Organizing Learning Environment (Sole) Terhadap Kemampuan Literasi Guru Paud. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 90. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p90--106

Fariha, A. (2021). Pembelajaran SOLE dalam Membangun Keefektifan Belajar pada Peserta Didik. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.245

Firdaus, F. M., Pratiwi, N. A., Riyani, S., & Utomo, J. (2021). Meningkatkan kemandirian belajar peserta didik sekolah dasar menggunakan Model SOLE saat pandemi Covid-19. FOUNDASIA, 12(1). https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i1.37786

Joice Ester Raranta Sekolah Tinggi Teologi Paulus Jakarta, O. (2022). STRATEGI PENINGKATAN MANAGEMENT PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID 19 MENGGUNAKAN METODE SOLE (Self Organized Learning Environments). Maret, 1(10). https://edpuzzle.com.

Kusasi, A. (2021). Penggunaan Model SOLE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Materi Teori Kinetik Gas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 175. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.2833

Laksono, P. J., & Fatimatuzzahra, F. (2022). Active, Creative, Effective and Fun Learning with Character in 21st Century Skills. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3667-3678.

Pratama, O. R., & Risdianto, E. (2021). The Need Analysis of Learning Module Development Using Self Organized Learning Environment (Sole) Assisted by Augmented Reality on Rotational Dynamics and Rigid Body Equilibrium. In International Journal of Innovation and Education Research (Vol. 1, Issue 1). IJIER) Publisher: Unib Press.

Pristian Fitri, R., Heru, C., Prastiwi, W., Rika, N., Kholidah, J., & Ismaya, H. (n.d.). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) pada Materi Produksi dan Pertumbuhan Ekonomi. https://suarabaru.id/2021/03/26/sole-solusi-tepat-untuk-pembelajaran-yang-lebih-bermakna/

Suciati, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Polimer. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3). https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.290

Wati, N. K. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments Berbasis Tri Kaya Parisudha untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–10. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/edukasi/article/view/1387