IMPLEMENTASI LITERASI KIMIA DALAM PEMBELAJARAN: LITERATUR REVIEW
Main Article Content
Abstract
Literasi kima telah menjadi isu yang penting dalam penelitian Pendidikan kimia 5 tahun terakhir. Tujuan dari kajian literatur ini adalah: a) untuk memetakan topik-topik penelitian literasi kimia 5 tahun terakhir; b) untuk mengetahui peluang implementasi literasi kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah sistematik literatur review dari artikel yang diterbitkan pada jurnal terindeks sinta 1-6 yang diperoleh dari database sinta selama 5 tahun terakhir (2021-2016). Pencarian artikel menggunakan judul, abstrak atau kata kunci yang memenuhi (literasi kimia). Populasi penelitian ini sebanyak 198 artikel yang diterbitkan dalam database sinta dan sampel yang digunakan sebanyak 13 artikel. Hasil temuan menunjukkan bahwa: a) tren topik yang membahas literasi kimia yaitu 62% membahas materi kimia SMA; 7% membahas kimia di perguruan tinggi (pengelolan limbah); 7% membahas topik kimia di SMP; b) Peluang implementasi literasi kimia dalam pembelajaran harus diterapkan menyeluruh pada kegiatan pembelajaran, termasuk diantara kebutuhan buku teks yang terintegrasi literasi kimia, soal-soal evaluasi yang terstandar, video pembelajaran literasi kimia dan media lainnya
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ade Mutia, Hadinugrahaningsih, T., & Budi, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Berbasis Kontekstual (CBA) terhadap Literasi Kimia Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri Jakarta pada Materi Hidrolisis Garam. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/jrpk.101.01
Hadinugrahaningsih, T., Rosita, & Kurniadewi, F. (2019). Pengaruh Strategi “REACT” Terhadap Literasi Kimia Peserta Didik Kelas X MIA Pada Pembelajaran Reaksi Redoks. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(1), 14–20. https://doi.org/10.21009/jrpk.091.02
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Laksono, P. J. (1970). Studi Kemampuan Literasi Kimia Mahasiswa Pendidikan Kimia Pada Materi Pengelolaan Limbah. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i1.2093
OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. In Programme for International Student Assessment. OECD Publishing.
OECD. (2016). Assesing Scientific, Reading and Mathematical Literacy A Framework for PISA 2015. OECD Publising.
Perkasa, M., & Aznam, N. (2016). Pengembangan SSP kimia berbasis pendidikan berkelanjutan untuk meningkatkan literasi kimia dan kesadaran terhadap lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 46. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10269
Petticrew, M., & Roberts, H. (2008). Systematic Reviews in the Social Sciences: A Practical Guide. In Systematic Reviews in the Social Sciences: A Practical Guide. https://doi.org/10.1002/9780470754887
Putu, N., & Artini. (2020). Strategi Pengembangan Literasi Kimia Bagi Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7, 100–108.
Saija, M. (2019). Profil Kemampuan Literasi Kimia Siswa SMA Negeri 3 Ambon. Jurnal Kiprah, 7(2), 99–106. https://doi.org/10.31629/kiprah.v7i2.1463
Sartika, A. Y. M., & Yusmaita, E. (2020). Pengembangan Asesmen Literasi Kimia pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia dan Stoikiometri Kelas X SMA/MA. Edukimia, 2(3), 128–133. https://doi.org/10.24036/ekj.v2.i3.a187
Subamia, D. P., Wahyuni, I. G. A. . S., & Widiasih, N. N. (2019). Pelatihan penguatan literasi kimia bagi laboran dan pengelola laboratorium ipa. Jurnal Widya Laksana, 8(2), 190–201.
Zahara, F., Sofia, E., & Efkar, T. (2019). Efektivitas Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan KPS Terpadu Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 8(1), 1–13.
ismail sholeh, moh, & Testiana, G. (2017). HUBUNGAN KUALITAS KEGIATAN ONLINE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP LAJU REAKSI PADA PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 1-11. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v1i1.1585
Sholeh, M. I., & Olensia, Y. (2022). Strategi dan Implementasi Penyusunan Soal HOTS Kimia Berbasis Lesson Study. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1), 38-48. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v6i1.12169
Sholeh, M. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA DASAR TERINTEGRASI SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) DAN KEISLAMAN. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 37-57. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i2.2669