IMPLEMENTASI LITERASI KIMIA DALAM PEMBELAJARAN: LITERATUR REVIEW

Main Article Content

Moh. Ismail Sholeh

Abstract

Literasi kima telah menjadi isu yang penting dalam penelitian Pendidikan kimia 5 tahun terakhir. Tujuan dari kajian literatur ini adalah: a) untuk memetakan topik-topik penelitian literasi kimia 5 tahun terakhir; b) untuk mengetahui peluang implementasi literasi kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah sistematik literatur review dari artikel yang diterbitkan pada jurnal terindeks sinta 1-6 yang diperoleh dari database sinta selama 5 tahun terakhir (2021-2016). Pencarian artikel menggunakan judul, abstrak atau kata kunci yang memenuhi (literasi kimia). Populasi penelitian ini sebanyak 198 artikel yang diterbitkan dalam database sinta dan sampel yang digunakan sebanyak  13 artikel. Hasil temuan menunjukkan bahwa: a) tren topik yang membahas literasi kimia yaitu 62% membahas materi kimia SMA; 7% membahas kimia di perguruan tinggi (pengelolan limbah); 7% membahas topik kimia di SMP; b) Peluang implementasi literasi kimia dalam pembelajaran harus diterapkan menyeluruh pada kegiatan pembelajaran, termasuk diantara kebutuhan buku teks yang terintegrasi literasi kimia, soal-soal evaluasi yang terstandar, video pembelajaran literasi kimia dan media lainnya

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sholeh, M. I. (2022). IMPLEMENTASI LITERASI KIMIA DALAM PEMBELAJARAN: LITERATUR REVIEW. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 163–169. Retrieved from http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/65
Section
Articles

References

Ade Mutia, Hadinugrahaningsih, T., & Budi, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Berbasis Kontekstual (CBA) terhadap Literasi Kimia Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri Jakarta pada Materi Hidrolisis Garam. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/jrpk.101.01

Hadinugrahaningsih, T., Rosita, & Kurniadewi, F. (2019). Pengaruh Strategi “REACT” Terhadap Literasi Kimia Peserta Didik Kelas X MIA Pada Pembelajaran Reaksi Redoks. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(1), 14–20. https://doi.org/10.21009/jrpk.091.02

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Laksono, P. J. (1970). Studi Kemampuan Literasi Kimia Mahasiswa Pendidikan Kimia Pada Materi Pengelolaan Limbah. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i1.2093

OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. In Programme for International Student Assessment. OECD Publishing.

OECD. (2016). Assesing Scientific, Reading and Mathematical Literacy A Framework for PISA 2015. OECD Publising.

Perkasa, M., & Aznam, N. (2016). Pengembangan SSP kimia berbasis pendidikan berkelanjutan untuk meningkatkan literasi kimia dan kesadaran terhadap lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 46. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10269

Petticrew, M., & Roberts, H. (2008). Systematic Reviews in the Social Sciences: A Practical Guide. In Systematic Reviews in the Social Sciences: A Practical Guide. https://doi.org/10.1002/9780470754887

Putu, N., & Artini. (2020). Strategi Pengembangan Literasi Kimia Bagi Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7, 100–108.

Saija, M. (2019). Profil Kemampuan Literasi Kimia Siswa SMA Negeri 3 Ambon. Jurnal Kiprah, 7(2), 99–106. https://doi.org/10.31629/kiprah.v7i2.1463

Sartika, A. Y. M., & Yusmaita, E. (2020). Pengembangan Asesmen Literasi Kimia pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia dan Stoikiometri Kelas X SMA/MA. Edukimia, 2(3), 128–133. https://doi.org/10.24036/ekj.v2.i3.a187

Subamia, D. P., Wahyuni, I. G. A. . S., & Widiasih, N. N. (2019). Pelatihan penguatan literasi kimia bagi laboran dan pengelola laboratorium ipa. Jurnal Widya Laksana, 8(2), 190–201.

Zahara, F., Sofia, E., & Efkar, T. (2019). Efektivitas Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan KPS Terpadu Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 8(1), 1–13.

ismail sholeh, moh, & Testiana, G. (2017). HUBUNGAN KUALITAS KEGIATAN ONLINE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP LAJU REAKSI PADA PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 1-11. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v1i1.1585

Sholeh, M. I., & Olensia, Y. (2022). Strategi dan Implementasi Penyusunan Soal HOTS Kimia Berbasis Lesson Study. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1), 38-48. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v6i1.12169

Sholeh, M. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA DASAR TERINTEGRASI SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) DAN KEISLAMAN. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 37-57. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i2.2669