EDUKASI PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS PEMAHAMAN ALQUR’AN DALAM PEMBELAJARAN KIMIA LINGKUNGAN (PENCEMARAN AIR) PADA ANAK-ANAK DESA RIMBA JAYA

Authors

  • Kerina Ghea Utami UIN Raden Fatah Palembang
  • Nuril Aisyah UIN Raden Fatah Palembang

Keywords:

edukasi, pencemaran air, pemahaman Al-Qur’an

Abstract

Program pengabdian masyarakat dalam bentuk pendidikan ini atas dasar kerjasama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dengan Desa Rimba Jaya, Kecamatan Air Kumbang, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan untuk memberikan pengajaran terakit edukasi pembelajaran sains berbasis pemahaman Al-Qur’an dalam pembelajaran kimia lingkungan (air) pada anak-anak desa Rimba Jaya. Proses edukasi ini dilakukan karena dilihat dari kondisi umum desa Rimba Jaya, yang tergolong memiliki keadaan lingkungan yang tercemar khusunya air, sehingga tujuan edukasi ini adalah megintegrasikan pemahaman Al-Qur’an agar anak-anak desa Rimba Jaya mengetahui pembelajaran kimia air dan bahaya air yang tercemar sejak dini. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ceramah dan tanya jawab dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kimia saisn berbasis pemahaman Al-Qur’an. Hasil dari edukasi ini adalah menunjukkan pendekatan pembelajaran kimia sains dapat meningkatkan pemahaman anak bahwa sains dal Al-quran tidak dapat dipisahkan dan anak-anak mengetahui ciri air yang tercemar dimana akan menimbulkan beberapa gangguan kesehatan. Di dalam Al-Quran banyak ayat-ayat yang menjelaskan zat kimia yang terdapat dalam air. Air sangat penting bagi kehidupan  manusia, tanpa air, makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup. Molekul ikatan air bersama-sama dalam cara khusus yang dikenal sebagai ikatan hidrogen. Air sangat penting bagi manusia sebagaimana tercermin dalam ayat yang menyarankan manusia untuk memperhatikan air yang mereka minum dinyatakan dalam Al-Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Purwanto. (2008). Ayat-ayat Semesta Sisi-sisi Al-Qur’an yang Terlupakan. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Dewi, Q, K., Sidiq, A, R., Ferli, S, I. (2019). Edukasi zat aditif melalui demonstrasi kimia di SDN Buangngariung Wado. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 26-35.

Annisa, A., & Laksono, P. J. (2021). The Importance of Scientific Chemistry Literacy in 21st Century Learning. In Proceedings of International Education Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 62-66).

Laksono, P. J. (2020). PEMANFAATAN LIMBAH MINYAK GORENG SEBAGAI SABUN CUCI RUMAH TANGGA DI LEMPUING JAYA. Sarwahita, 17(01), 49-57.

Lepold, B. L, Davis, S. K dan para Editor Pustaka Time Life. (1983). Air. Jakarta: Tira Pustaka.

M. Abdul Fattah Santoso. (2014). Air dan Pemeliharaannya Dalam Perspektif Islam. Jurnal Tarjih, 12(1).

Nugroho, A. (2012). Pengintegrasian nilai-nilai religius dalam buku pelajaran kimia SMA/MA sebagai metode alternatif membentuk karakter insan mulia pada siswa. Jurnal Biologi, 304-310.

Soedradjat, R. (1999). Lingkungan Hidup, Suatu Pengantar. Jakarta: Dikti, P & K.

Susilowati, Retno dan Suheriyanto, Dwi. (2006). Setetes Air, Sejuta Kehidupan. Malang: UIN Malang Press.

Wigati, I., & Muhtarom, M. (2017). Paradigma Humanisme Pendidikan Islam pada Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 44-60.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Utami, K. G., & Aisyah, N. . (2022). EDUKASI PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS PEMAHAMAN ALQUR’AN DALAM PEMBELAJARAN KIMIA LINGKUNGAN (PENCEMARAN AIR) PADA ANAK-ANAK DESA RIMBA JAYA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 170–177. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/66