ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI IKATAN KIMIA

Main Article Content

Kurnia Rahayu
Indah Wigati
Resti Tri Astuti

Abstract

Kesulitan siswa dalam belajar kimia mengakibatkan banyak siswa mengalami kegagalan dalam mempelajari materi kimia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui berapa tingkat persentase  kesulitan belajar yang dialami siswa dalam memahami materi Ikatan Kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Bina Cipta Palembang kelas X IPA tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data berupa tes yang harus dikerjakan siswa. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesulitan belajar siswa yang memiliki persentase tertinggi yakni soal sub topik ikatan kovalen koordinasi dengan persentase sebesar 70%, diikuti subtopik ikatan kovalen dengan tingkat kesulitan sebesar 60%, subtopik proses pembentukan ion dan sifat-sifat ikatan kimia masing-masing 60%, subtopik konfigurasi elektron sebesar 50% dan subtopik sifat-sifat ikatan kimia dengan tingkat persentase terendah sebesar 45%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahayu, K., Wigati, . I. ., & Astuti, . R. T. . (2022). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI IKATAN KIMIA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 184–194. Retrieved from http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/68
Section
Articles