ANALISIS KESULITAN BELAJAR HIDROKARBON DITINJAU DARI KESALAHAN KONSEP SISWA KELAS XI

Authors

  • Ina Sari UIN Raden Fatah Palembang
  • Yesi Arianti UIN Raden Fatah

Abstract

Kesulitan belajar ialah keadaan dimana adanya kendala dalam kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk mencapai hasil belajar (Mulyadi : 2010). Dan juga kesulitan belajar ialah suatu halangan dalam suatu proses dalam pembelajaran dan pemahaman suatu individu, dalam hal ini orang tua memegang peran penting dan tanggung jawab dalam pendidikan suatu individu, orang tua sebagai bentuk dukungan anak dalam pendidikan, karena dukungan orang tua akan mempengaruhi kesulitan belajar setiap individu. Terdapat 2 penyebab yang mengakibatkan kesulitan belajar, yaitu penyebab internal dan penyebab eksternal. Penyebab internal yaitu dapat berupa pemahaman konsep pada materi rendah, kemampuan, minat, dan motivasi rendah. Sedangkan penyebab eksternal yaitu cara belajar yang diterapkan guru, pengaruh negatif teman sebaya, kurangnya kondusif keadaan, dan waktu pembelajaran. Penelitian ini diterapkan di kelas XI IPA. Hal ini bertujuan untuk mengetahui penyebab dari kesalahan konsep yang dialami oleh peserta didik. Jika peneliti telah mengetahui penyebab tersebut, maka peneliti berharap dapat memberikan solusi agar peserta didik dapat memahami konsep yang sesungguhnya. Data penelitian ini diperoleh dari tes peserta didik terhadap materi hidrokarbon.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Sari, I., & Arianti, Y. (2022). ANALISIS KESULITAN BELAJAR HIDROKARBON DITINJAU DARI KESALAHAN KONSEP SISWA KELAS XI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 195–198. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/69