IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA ABAD KE-21

Main Article Content

Wensi Febriani
Ani Tri Suryani

Abstract

Pada abad ke-21 ini, terdapat banyak perubahan dalam kehidupan dunia terutama dalam pendidikan. Perubahan ini ditandai dengan penguasaan keterampilan untuk menciptakan suatu inovasi serta kreativitas dan keterampilan tersebut dapat diterapkan dalam banyaknya disiplin ilmu. Kimia merupakan salah satu disiplin ilmu tersebut, dimana dapat dikembangkan melalui keterampilan dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat menyiapkan multimedia interaktif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik terkhusus pada abad 21 ini. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk membangun dan mengeksplorasi literasi sains peserta didik melalui teknologi informasi berupa multimedia interaktif dalam pembelajaran kimia pada abad ke 21. Metode yang digunakan dalam artikel ini ialah studi literatur dengan mencari dan menelaah dari berbagai jurnal, artikel, laporan serta sumber informasi lain yang saling berkaitan. Jenis penelitian dalam artikel ini adalah penelitian deskriptif, dengan menjelaskan secara sistematis hal-hal yang terkait. Adapun instrumen penelitiannya adalah melalui jurnal. Data yang didapat dari hasil studi literatur kemudian dianalisis yang disesuaikan dengan kajian tema. Hasil temuan yang diperoleh adalah peserta didik memiliki kemampuan bersikap ilmiah, mengidentifikasi masalah secara ilmiah serta dapat menggunakan media pembelajaran sebagai teknologi informasi. Pendidik dalam peranannya mengembangkan literasi sains peserta didiknya meningkatkan pengetahuan disiplin ilmu kimia, hubungan antara masyarakat, sains dan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Febriani, W., & Suryani, A. T. . (2022). IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA ABAD KE-21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 199–205. Retrieved from http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/70
Section
Articles