ANALISIS MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA DI SEKOLAH MADRASAH ALIYAH PASCA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Evi Sapinatul Bahriah
Mohammad Nurfikri
Meilina Rista Ayunda
Harbiansyah M Raihan

Abstract

Efek dari menurunnya wabah Covid 19 menuntut pemerintah untuk segera mengambil kebijakan. Salah satunya surat edaran MenAg Nomor SE. 03 tahun 2022 tentang Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19, maka sekolah yang memenuhi syarat dapat melakukan proses pembelajaran tatap muka terbatas. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar kimia siswa Madrasah Aliyah pasca pandemi covid-19. Metode yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif dengan populasi yaitu siswa Madrasah Aliyah sebanyak 35 siswa yang ditentukan secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner online dengan menggunakan skala likert. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar kimia siswa pada indikator tekun mengerjakan tugas sebesar 80,97% (sangat tinggi), indikator ulet menghadapi kesulitan (tidak mudah putus asa) sebesar 72,56% (tinggi), indikator bosan terhadap tugas yang rutin dan berulang-ulang sebesar 80,75% (sangat tinggi), indikator dapat mempertahankan pendapatnya sebesar 72,5% (tinggi), indikator lebih senang bekerja sendiri sebesar 73% (tinggi), indikator senang dalam memecahkan masalah soal-soal sebesar 78,75% (tinggi), dan indikator motivasi belajar kimia pasca covid-19 sebesar 69,25% (tinggi). Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar kimia siswa Madrasah Aliyah pasca pandemic Covid 19 termasuk dalam kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bahriah, E. S., Nurfikri, M. ., Ayunda, M. R. ., & Raihan, H. M. . (2022). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA DI SEKOLAH MADRASAH ALIYAH PASCA PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 206–215. Retrieved from http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/71
Section
Articles