VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI DI SMA
Main Article Content
Abstract
Kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh kebanyakan siswa SMA dikarena mempunyai karakteristik materi pembelajaran yang bersifat asbtrak sehingga dapat menyebabkan terjadinya kesulitan belajar dan kesalahan pemahaman konsep pada siswa. Penggunaan video pembelajaran animasi merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang ada dalam pembelajaran kimia. Laju reaksi reaksi merupakan salah satu materi kimia yang dianggap sulit dikarnakan konsep materinya yang sangat menuntut siswa paham pada aspek makoskopis, mikroskopis, dan simbolis. Penelitian ini dilakukan secara systematic review dimana tujuannya adalah untuk mengeksplor lebih lanjut penggunaan video pembelajaran animasi pada materi laju rekasi kelas XI di SMA. Metode systematic review ini merupakan metode dengan mencari beberapa jurnal melalui searching di internet menggunakan google scholar. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian pada beberapa jurnal menunjukkan bahwa video pembelajaran animasi pada materi laju reaksi bisa meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa serta mendapatkan respon yang baik oleh guru dan siswa.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adnyana, G. P. (2013). Video Eksperimen dan Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(3), 266–277.
Annisa, A., & Laksono, P. J. (2021). The Importance of Scientific Chemistry Literacy in 21st Century Learning. In Proceedings of International Education Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 62-66).
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.
Khaeruman. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI INTERAKTIF PADA MATERI Pemerhati Pendidikan Kimia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hydrogen,” 3(1), 267–273.
Kurniawati, A., Isnaeni, W., & Dewi, N. R. (2013). Implementasi metode penugasan analisis video pada materi perkembangan kognitif, sosial, dan moral. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 149–155. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2716
Mewengkang, A., Rampe, M. J., & Palilingan, S. C. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Laju Reaksi dan Faktor-faktor Yang mempengaruhi Laju Reaksi. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 2(1), 29. https://doi.org/10.37033/ojce.v2i1.143
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Nurdin, F., Sulastri, T., & . H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar (Study Pada Materi Pokok Laju Reaksi). Chemistry Education Review (CER), 1(1), 29. https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5607
Nurfitriana, A., Enawaty, E., Harun, A. I., Sahputra, R., & Ulfah, M. (2022). Pengembangan Media Video Animasi pada Materi Laju Reaksi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2434–2453. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2032
Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis android menggunakan prinsip mayer pada materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 38–47. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.13752
Puspaningrum, R., Hartatiana, H., & Pratiwi, R. Y. (2021). Pengembangan Chemistry-Magz pada Materi Termokimia. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 8(1), 43-58.
Syahri, W., Muhaimin, M., & Ardi, A. M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Representasi Kimia Pada Materi Laju Reaksi Untuk Siswa Kelas Xi Sman 4 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 9(1), 26–34. https://doi.org/10.22437/jisic.v9i1.5081
Wigati, I., & Fithriyah, M. (2022, March). Post Covid-19 Strategy Through Supporting Teacher Digital Literacy as the Sustainable Decision to Enhance Education System: Indonesia Case Study. In 2022 International Conference on Decision Aid Sciences and Applications (DASA) (pp. 851-857). IEEE.