PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SISTEM KOLOID
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran perlu ditingkatkan agar siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik. Berbagai penelitian menyarankan pentingnya alat, termasuk sistem bahasa dan lukisan berdasarkan teori pengkodean multimedia ganda, untuk memvisualisasikan konsep yang sulit dipahami siswa. Salah satu media yang dipilih untuk mewujudkan konsep kimia abstrak adalah media animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media animasi pada pembelajaran sistem koloid terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mereview dan menganalisis beberapa sumber jurnal dengan mencari jurnal melalui google scholar dan garuda.ristekbrin. Dari hasil studi literatur penelitian ini pemanfaatan media animasi dimaksudkan untuk menjelaskan materi abstrak sebelumnya tentang apa yang dapat diamati, baik dalam bentuk analogi maupun ilustrasi. Adanya berbagai jenis rangsangan dalam media animasi membuat materi lebih cepat dipahami menunjukkan meningkatnya aktivitas pembelajaran siswa disertai perilaku yang positif dan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi koloid.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.