EDUKASI SAINS MELALUI EKSPERIMEN SEDERHANA PENGARUH KONSENTRASI TERHADAP LAJU REAKSI GUNA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA

Authors

  • Meliyanti UIN Raden Fatah Palembang
  • Sivi Munawati UIN Raden Fatah Palembang

Keywords:

Pembelajaran Sains, Eksperimen, Rasa Ingin Tahu

Abstract

Program pengabdian masyarakat dalam bentuk Pendidikan ini atas dasar kerja sama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata UIN Raden Fatah Palembang dengan Desa Biyuku, Kec. Suak Tapeh, Kab. Banyuasin, Prov. Sumatera Selatan. Peneliti selama mengabdi di Desa Biyuku mencoba untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dengan edukasi sains melalui eksperimen sederhana. Di era globalisasi dan di tengah kemajuan teknologi yang semakin pesat menjadikan sains sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berpengaruh bagi kemajuan zaman. Pembelajaran sains merupakan salah satu pembelajaran yang menekankan pada proses, dimana siawa dituntut untuk lebih aktif, kreatif, dan inovatif dalam membangun pengetahuan yang dilakukan dengan melalui serangkaian kegiatan. Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa terhadap sains. Eksperimen ini dilakukan di SD Negeri 10 Suak Tapeh Desa Biyuku yang dilakukan di lokal kelas yang berisikan 15 orang. Metode yang diterapkan pada eksperimen ini menggunakan metode kombinasi yaitu antara pendidikan dan eksperimen. Berdasarkan hasil observasi yang telah yang telah dilakukan oleh peneliti terdapat permasalahan yaitu kurangnya rasa ingin tahu siswa terhadap sains. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran sains kimia tentang eksperimen sederhana pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa SD Negeri 10 Suak Tapeh.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Meliyanti, & Munawati, S. . (2022). EDUKASI SAINS MELALUI EKSPERIMEN SEDERHANA PENGARUH KONSENTRASI TERHADAP LAJU REAKSI GUNA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 272–279. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/79