FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA

Main Article Content

Rizka Salsabila Putri
Indah Wigati
Pandu Jati Laksono

Abstract

Miskonsepsi didefinisikan sebagai hasil dari kesalahan seseorang dalam memahami suatu konsep. Miskonsepsi harus segera diatasi karena dapat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi selanjutnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi terjadinya miskonsepsi pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Muhammadiyah 5 Palembang kelas XI IPA 1 tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dengan wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi terjadinya miskonsepsi siswa pada materi asam dan basa yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal dapat berupa cara guru mengajar, situasi kelas yang kurang kondusif saat pembelajaran, dan sumber belajar yang digunakan. Sedangkan faktor internal dapat berupa kurangnya minat siswa dalam pelajaran kimia, kurang fokusnya siswa dalam mengikuti pembelajaran, cara belajar siswa yang kurang benar, dan kurangnya keberanian siswa untuk bertanya kepada guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, R. S., Wigati, I., & Laksono, P. J. (2022). FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 280–286. Retrieved from http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/80
Section
Articles

References

Anderson, A. E., Justement, L. B., & Bruns, H. A. (2020). Using real-world examples of the COVID-19 pandemic to increase student confidence in their scientific literacy skills. Biochemistry and Molecular Biology Education, 48(6), 678–684. https://doi.org/10.1002/bmb.21474

Astuti Isnaeni, L., Susanti, R., & Kusuma Dewi, N. (n.d.). Profile of Student’s Scientific Literacy in Immune System Materials Through Problem Based Learning (PBL). Journal of Innovative Science Education, 10(3), 269–277. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise

Budiarti, I. S., Triwiyono, T., & Panda, F. M. (2019). The Development of Discovery Learning-based Module to Improve Students’ Scientific Literacy. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(1), 73–89. https://doi.org/10.23960/jpf.v9.n1.202107

Dwijuliani, R., Rijanto, T., Munoto, Nurlaela, L., Basuki, I., & Maspiyah. (2021). Increasing student achievement motivation during online learning activities. Journal of Physics: Conference Series, 1810(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1810/1/012072

Effendi, D. N., Irwandani, Anggraini, W., Jatmiko, A., Rahmayanti, H., Ichsan, I. Z., & Rahman, M. M. (2021). Bibliometric analysis of scientific literacy using VOS viewer: Analysis of science education. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012096

Lestari, H., Rahmawati, I., Siskandar, R., & Dafenta, H. (2021). Implementation of Blended Learning with A STEM Approach to Improve Student Scientific Literacy Skills During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(2), 224. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i2.654

Melinda, V., Hariyono, E., Erman, E., & Prahani, B. K. (2021). Profile of students’ scientific literacy in physics learning during COVID-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 2110(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2110/1/012031

Organization for Economic Co-operation and Development. (2013). PISA 2012 assessment and analytical framework : mathematics, reading, science, problem solving and financial literacy. OECD.

Purnomo, A. R., Sudibyo, E., Budiyanto, M., Ayu, D., Sari, P., & Sabtiawan, W. B. (2021). Scientific Literacy of Covid-19 In The First Year Pandemic: Design And Development Test. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 6(1), 48–55. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppipa

Rifqi Setiawan Pondok Pesantren Ath-Thullab, A., & Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus Jl Turaichan Adjhuri No, M. K. (n.d.). Scientific Literacy Worksheets for Distance Learning in the Topic of Coronavirus 2019 (COVID-19). https://lldikti1.ristekdikti.go.id/berkas/semendikbud032020pencegahancorona.pdf

Tomaszewska, E. J., & Florea, A. (2018). Urban smart mobility in the scientific literature - Bibliometric analysis. In Engineering Management in Production and Services (Vol. 10, Issue 2, pp. 41–56). De Gruyter Open Ltd. https://doi.org/10.2478/emj-2018-0010

Utami, A. U. (2020). The Effectiveness of the Online-based Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS) Assessment to Measure Science Literacy Ability During the Covid Pandemic. In Science And Technology Empowerment of Global Society in Education.

van Eck, N. J., & Waltman, L. (2010). Software survey: VOSviewer, a computer program for bibliometric mapping. Scientometrics, 84(2), 523–538. https://doi.org/10.1007/s11192-009-0146-3

Wigati, I., & Ali, M. (2021). Instrumen Pembelajaran Daring dengan Rasch Model. In Proceedings of International Education Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 124-133).

Most read articles by the same author(s)