PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN COMIC BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI KOLOID
Main Article Content
Abstract
Kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran di salah satu SMA di Kabupaten Musi Banyuasin menjadi latar belakang penelitian ini. Salah satu alternatif media yang dapat dikembangkan dan digunakan dalam proses pembelajaran pada materi koloid adalah media komik. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran komik berbasis scientific approach pada materi koloid untuk siswa SMA yang valid dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan melalui model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi dan angket respon peserta didik. Penelitian ini melibatkan validator ahli media, validator ahli materi dan praktisi pendidikan kimia (guru mata pelajaran kimia). Subjek uji coba adalah peserta didik di salah satu SMA di Kabupaten Musi Banyuasin. Hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata skor 75,38% dengan kategori valid. Hasil validasi dari ahli materi diperoleh skor rata-rata 84,71% dengan kategori sangat valid dan untuk hasil validasi guru mata pelajaran kimia diperoleh skor rata-rata 78% dengan kategori valid. Hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran komik berbasis scientific approach dinyatakan sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil rata-rata yang didapatkan pada angket respon peserta didik menunjukkan respon positif dengan hasil uji coba skala kecil sebesar 90% dengan kategori sangat baik, hasil uji coba skala menengah sebesar 85,79% dengan kategori sangat baik dan hasil uji coba skala besar 87,90% dengan kategori sangat baik.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Akbar, O. A., Isnawati, & Raharjo. (2015). Minat belajar siswa terhadap media komik berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 3(1), 750–754.
Andriani, S. (2016). Pengaruh motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas IV di SDN Mayangan 6 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(1), 101–118. file:///C:/Users/Adiva Rahma Almahyra/Downloads/1710-Article Text-2609-1-10-20170509.pdf
Daryanto. (2013). Menyusun modul: Bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Gava Media.
Enawati, E., & Sari, H. (2010). Pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Pontianak pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(1), 24–37. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v1i1.163
Fawaidah, H., & Sukarmin. (2016). Media pembelajaran CHEMIC (chemistry comic) pada materi ikatan kimia untuk siswa kelas X. Unesa Journal of Chemistry Educational, 5(3), 621–628.
Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan media gambar berbasis potensi lokal pada pembelajaran materi keanekaragaman hayati di kelas X di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 14–28. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/download/5176/4669
Hamid, A. (2009). Konsep dan tuntutan praktis basis data. Andi Offset.
Heinich, R., Molenda, M., & Russell, J. (1996). Instructional media and news technologies of instruction. Prentice-hall.
Karmila, Niswa, C., & Jayanti, E. (2021). Chemopoly game media development on atomic structure material. International Education Conference (IEC) 2021, 233–236.
Masdiono, T. (1998). 14 jurus membuat komik. Creative Media.
Minarni, Malik, A., & Fuldiaratman. (2019). Pengembangan bahan ajar dalam bentuk media komik dengan 3D Page Flip pada materi ikatan kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2295–2306.
Ningsih, S. P., Amilda, & Jayanti, E. (2021). Desain permainan ular tangga dalam pembelajaran kimia. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 49–66. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v5i1.8249
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. FITRAH: Jal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian pengembangan model ADDIE dan R2D2: Teori dan praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Saputra, V. H., & Pasha, D. (2021). Komik digital berbasis scientific method sebagai media pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 4(1), 89–100.
Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas pemanfaatan komik sebagai media pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135–141. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156
Yuselita, R. (2019). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Ikatan Kimia (Siswa Kelas X SMAN 1 Benai). JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS), 1(1), 103–109. https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JOM/article/view/600