PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ASAM BASA
Main Article Content
Abstract
Perlunya bahan ajar tambahan yang sistematis dan memiliki tahapan-tahapan pendekatan saintifik, agar peserta didik di salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Kota Palembang dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian R & D (research and development) yang bertujuan untuk mengetahui validitas dan respon peserta didik terhadap LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi asam basa. Prosedur pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Namun tidak semua tahapan pengembangan dilakukan dikarenakan terbatasnya waktu penelitian. Penelitian ini melibatkan validator ahli materi dan ahli media serta peserta didik kelas XI di salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Kota Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi LKPD berbasis saintifik pada materi asam basa memperoleh persentase dari ahli materi sebesar 80% dengan kategori valid dan ahli media memperoleh persentase sebesar 80% dengan kategori valid. Respon peserta didik baik pada uji skala kecil maupun uji skala menengah memperoleh hasil dalam kategori sangat menarik.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amry, U. W., Rahayu, S., & Yahmin. (2017). Analisis miskonsepsi asam basa pada pembelajaran konvensional dan dual situated learning model (DSLM). Jurnal Pendidikan, 2(3), 385–391. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i3.8636
Asnaini. (2016). Pengembangan LKPD berbasis pendekatan scientific untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada materi larutan penyangga. Lantanida Journal, 4(1), 60. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1868
Fajrin, S., Haetami, A., & Marhadi, M. A. (2020). Identifikasi kesulitan belajar kimia siswa pada materi pokok larutan asam dan basa di kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Wolowa Kabupaten Buton. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 5(1), 27–34. https://doi.org/10.36709/jpkim.v5i1.13106
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Marlina, I., Amilda, & Jayanti, E. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis learning Cycle 5E pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(1), 93–103.
Rezki, O. N., Kadaritna, N., & R, R. B. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 5(2), 241–252.
Rohmah, A., & Abdullah, M. H. (2020). Pengembangan LKPD tematik berbasis pendekatan scientific pada tema daerah tempat tinggalku peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 8(3), 559–568.
Segala, S. (2013). Konsep dan makna pembelajaran : untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Alfabeta.
Susilana, R., & Ihsan, H. (2014). Pendekatan saintifik dalam implementasi kurikulum 2013 berdasarkan kajian teori psikologi belajar. Edutech, 1(2). https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3095
Utariadi, N. K. D., Gunamantha, I. M., & Suastika, I. N. (2021). Pengembangan LKPD berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa pada tema 9 subtema 1 muatan pelajaran IPA kelas V. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 129–137. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i2.671
Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189–204.
Widyasti, N., Wiratma, I., & Muderawan, I. (2020). Uji validasi pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 79–85.