Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan E-Banking Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus BRI Syariah KCP Palembang Sudriman)

Authors

  • dela anggreani purba Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

Kualitas Pelayanan, E-Banking, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah

Abstract

Persaingan yang sangat ketat dalam dunia perbankan, termasuk dalam sektor perbankan syariah. Sehingga persaingan yang ketat ini mengindikasikan rendahnya tingkat loyalitas para nasabah. Hal ini dikarenakan banyaknya penawaran dari pelaku industri perbankan, sehingga nasabah memiliki kebebasan dalam memilih penawaran yang lebih menguntukan.  Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner yang disebar kepada nasabah BRI Syariah KCP Palembang Sudirman sebagai responden. Banyaknya sampel adalah 170 responden, dengan tehnik Accidental Purpose. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan metode Path Analysis dan Sobel Test yang diolah dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil uji t menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan E-Banking tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, kepuasan nasabah berpengaruh signifikan tehadap loyalitas, serta kualitas pelayanan dan E-Banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Adapun dari hasil uji Path Analysis dan Sobel Test menunjukkan bahwa kepuasan mampu menjadi mediator antara kualitas pelayanan dan E-Banking terhadap loyalitas nasabah.

References

Adiputra Prawira. (2010). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Siswa SMA dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2008/2009.

Antasari, R. (2021). Islam and Domestic Violence between Husbands and Wives: Indonesian Social and Cultural Perceptions. Islamic Quarterly, 65(3), 303–325.

Antasari, R. R., Nilawati, N., Adib, H. S., Sari, R. K., & Sobari, D. (2022). Gender Mainstreaming Problems in Student Organizations at Islamic Religious Colleges. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2161–2172. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1402

Azwari, P. C., & Jayanti, S. D. (2022). Impact of Third-Party Funds and Capital Adequacy Ratio on Profit Shar- ing Financing. International Business …, 6(1), 63–70.

Barkah, Q. (2014). Kedudukan Dan Jumlah Mahar Di Negara Muslim. AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah, 14(2), 279–286. https://doi.org/10.15408/ajis.v14i2.1286

Huzaimah, A., & Aziz, S. (2018). Urgensi Penerapan Lembaga Dwangsom (Uang Paksa) Pada Perkara Hadhânah di Pengadilan Agama dalam Perspektif Maqâshid al-Syarî’ah. Al-’Adalah, 15(1), 125. https://doi.org/10.24042/adalah.v15i1.3383

Lidyah, R., Mismiwati, Hartini, T., Akbar, D. A., Africano, F., & Anggreni, M. (2020). The Effect of Audit Committee, Independent Commissioners Board And Firm Size on Audit Delay Through Capital Structure as An Intervening Variable In Sharia Bank. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 11313–11325.

Maulana, C. Z., Suryana, Y., Kartini, D., & Febrian, E. (2019). Influencing Factors on the Actual Usage of Mobile Phone Banking in the Shari’ah Banks: A Survey in Palembang City, Indonesia. Journal of the Japan Welding Society, 88(5), 366–374. https://doi.org/10.2207/jjws.88.366

Muhamad Rahman Bayumi. (2018). BUILDING INTEGRATION AND INTERCONNECTION IN ISLAMIC ECONOMIC SYSTEM TO CREATE ISLAMIC SOLUTIONS IN SOLVING SOCIAL PROBLEMS. Sinta 2.

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publishing.

Qodariah Barkah dan Arne. (2022). Abandonment of Women’s Rights in Child Marriage; An Islamic Law Perspective. Scopus Q1.

Safitri, R., Lidyah, R., & Rachmania, R. (2022). Profitability, Good Corporate Governance, Dividend Policy, and Firm Value at ISSI. Etikonomi, 21(1), 139–152. https://doi.org/10.15408/etk.v21i1.16524

Downloads

Published

2022-12-10