Pengaruh Green Product, Label Halal dan Citra Merek Produk Kosmetik Safi Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimoderasi Oleh Word Of Mouth Pada Masyarakat Muslim Kota Palembang Tahun 2020

Authors

  • karinta fakhira Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

Green Product, Label Halal, Citra Merek, Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green product, label  halal, citra merek Kosmetik Safi dan word of mouth sebagai moderator terhadap  keputusan pembelian konsumen Muslim di Palembang. Sampel yang digunakan  dalam penelitian ini adalah konsumen muslim di Palembang dengan teknik purposive  sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 90 sampel diperoleh dari  kuesioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi  berganda dengan variabel moderating dan diolah menggunakan aplikasi SPSS 21. Hasilnya mengungkapkan green product tidak berpengaruh terhadap keputusan  pembelian, label halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, citra merek  berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, word of mouth berpengaruh  positif terhadap keputusan pembelian, word of mouth memperlemah hubungan antara  green product dengan keputusan pembelian, word of mouth memperlemah hubungan  antara label halal dengan keputusan pembelian, dan word of mouth memperlemah  hubungan antara citra merek dengan keputusan pembelian. 

References

Antasari, R. (2021). Islam and Domestic Violence between Husbands and Wives: Indonesian Social and Cultural Perceptions. Islamic Quarterly, 65(3), 303–325.

Arne Huzaimah. (2018). Urgensi Penerapan Lembaga Dwangsom pada Perkara Hadhânah di Pengadilan Agama dalam Perspektif Maqâshid al-Syarî’ah. Sinta 2.

Azwari, P. C., & Jayanti, S. D. (2022). Impact of Third-Party Funds and Capital Adequacy Ratio on Profit Shar- ing Financing. International Business …, 6(1), 63–70. https://journal.stebilampung.ac.id/index.php/ibarj/article/view/236%0Ahttps://journal.stebilampung.ac.id/index.php/ibarj/article/viewFile/236/154

Barkah, Q. (2014). Kedudukan Dan Jumlah Mahar Di Negara Muslim. AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah, 14(2), 279–286. https://doi.org/10.15408/ajis.v14i2.1286

Chandra Zaky Maulana. (2019). Influencing Factors on the Actual Usage of Mobile Phone Bankingin the Shari’ah Banks: A Survey in Palembang City, Indonesia. Sinta 2.

Muhamad Rahman Bayumi. (2018). BUILDING INTEGRATION AND INTERCONNECTION IN ISLAMIC ECONOMIC SYSTEM TO CREATE ISLAMIC SOLUTIONS IN SOLVING SOCIAL PROBLEMS. Sinta 2.

Prof. Rina Antasari. (2022). Gender Mainstreaming Problems in Student Organizations at Islamic Religious Colleges. Sinta 2.

Qodariah Barkah dan Arne. (2022). Abandonment of Women’s Rights in Child Marriage; An Islamic Law Perspective. Scopus Q1.

Rika Lidya, Mismiwati, Titin, D. A. (2020). THE EFFECT OF AUDIT COMMITTEE, INDEPENDENT COMMISSIONERS BOARD AND FIRM SIZE ON AUDIT DELAY THROUGH CAPITAL STRUCTURE AS AN INTERVENING VARIABLE IN SHARIA BANK. Scopus Q3.

Safitri, R., Lidyah, R., & Rachmania, R. (2022). Profitability, Good Corporate Governance, Dividend Policy, and Firm Value at ISSI. Etikonomi, 21(1), 139–152. https://doi.org/10.15408/etk.v21i1.16524

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaksana, Uyung. 2003. Integrated Marketing Communications. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumardy, dkk. 2011. The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sumarwan, dkk. 2012. Riset Pemasaran dan Konsumen. Seri 2. Bogor: PT Penerbit IPB Press

Sumarwan, Ujang. 2013. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet: Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tri Palopi Robustin dan Anisatul Fauziah. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah pada Masyarakat di Kota Jember. Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis III (SNMB3).

Downloads

Published

2022-12-10