Pengaruh Green Product, Label Halal dan Citra Merek Produk Kosmetik Safi Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimoderasi Oleh Word Of Mouth Pada Masyarakat Muslim Kota Palembang Tahun 2020
Keywords:
Green Product, Label Halal, Citra Merek, Word of Mouth, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green product, label halal, citra merek Kosmetik Safi dan word of mouth sebagai moderator terhadap keputusan pembelian konsumen Muslim di Palembang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen muslim di Palembang dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 90 sampel diperoleh dari kuesioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi berganda dengan variabel moderating dan diolah menggunakan aplikasi SPSS 21. Hasilnya mengungkapkan green product tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, label halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, word of mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, word of mouth memperlemah hubungan antara green product dengan keputusan pembelian, word of mouth memperlemah hubungan antara label halal dengan keputusan pembelian, dan word of mouth memperlemah hubungan antara citra merek dengan keputusan pembelian.
References
Antasari, R. (2021). Islam and Domestic Violence between Husbands and Wives: Indonesian Social and Cultural Perceptions. Islamic Quarterly, 65(3), 303–325.
Arne Huzaimah. (2018). Urgensi Penerapan Lembaga Dwangsom pada Perkara Hadhânah di Pengadilan Agama dalam Perspektif Maqâshid al-Syarî’ah. Sinta 2.
Azwari, P. C., & Jayanti, S. D. (2022). Impact of Third-Party Funds and Capital Adequacy Ratio on Profit Shar- ing Financing. International Business …, 6(1), 63–70. https://journal.stebilampung.ac.id/index.php/ibarj/article/view/236%0Ahttps://journal.stebilampung.ac.id/index.php/ibarj/article/viewFile/236/154
Barkah, Q. (2014). Kedudukan Dan Jumlah Mahar Di Negara Muslim. AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah, 14(2), 279–286. https://doi.org/10.15408/ajis.v14i2.1286
Chandra Zaky Maulana. (2019). Influencing Factors on the Actual Usage of Mobile Phone Bankingin the Shari’ah Banks: A Survey in Palembang City, Indonesia. Sinta 2.
Muhamad Rahman Bayumi. (2018). BUILDING INTEGRATION AND INTERCONNECTION IN ISLAMIC ECONOMIC SYSTEM TO CREATE ISLAMIC SOLUTIONS IN SOLVING SOCIAL PROBLEMS. Sinta 2.
Prof. Rina Antasari. (2022). Gender Mainstreaming Problems in Student Organizations at Islamic Religious Colleges. Sinta 2.
Qodariah Barkah dan Arne. (2022). Abandonment of Women’s Rights in Child Marriage; An Islamic Law Perspective. Scopus Q1.
Rika Lidya, Mismiwati, Titin, D. A. (2020). THE EFFECT OF AUDIT COMMITTEE, INDEPENDENT COMMISSIONERS BOARD AND FIRM SIZE ON AUDIT DELAY THROUGH CAPITAL STRUCTURE AS AN INTERVENING VARIABLE IN SHARIA BANK. Scopus Q3.
Safitri, R., Lidyah, R., & Rachmania, R. (2022). Profitability, Good Corporate Governance, Dividend Policy, and Firm Value at ISSI. Etikonomi, 21(1), 139–152. https://doi.org/10.15408/etk.v21i1.16524
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulaksana, Uyung. 2003. Integrated Marketing Communications. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sumardy, dkk. 2011. The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sumarwan, dkk. 2012. Riset Pemasaran dan Konsumen. Seri 2. Bogor: PT Penerbit IPB Press
Sumarwan, Ujang. 2013. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet: Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tri Palopi Robustin dan Anisatul Fauziah. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah pada Masyarakat di Kota Jember. Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis III (SNMB3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 karinta fakhira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.