The Relevance of Papajar Local Wisdom with the Al-Qur'an in the Frame of Social Education as Ethnopedagogy in Cianjur Regency Society
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Relevansi Kearifan Lokal Papajar dengan Al-Quran dalam Bingkai Pendidikan Sosial di Masyarakat Kabupaten Cianjur. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu studi lapangan di lingkungan Masyarakat Kabupaten Cianjur dan juga dari berbagai literatur baik daring maupun luring. Kemudian data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kearifan Lokal Papajar relevan dengan ajaran keislaman di Al-Qur`an. Kearifan lokal Papajar diterima luas oleh Masyarakat Kabupaten Cianjur, meskipun tidak ada teks Al-Qur`an khusus yang mengatur ini. Nilai dan makna keislaman dan sosial seperti sedekah dan persaudaraan tercermin dari perilaku di masyarakat Kabupaten Cianjur dalam Kearifan Lokal Papajar yaitu: representasi syukur dan bahagia dalam menyambut Ramadhan, mempererat silaturrahim, saling memaafkan, peduli sesama dengan bersedekah, bertoleransi, peduli dan tolong menolong, sifat kekeluargaan dan berwisata sebagai rasa kagum kepada lingkungan ciptaan Allah. Relevansi antara kearifan lokal Papajar dengan Al-Qur`an dalam bingkai pendidikan sosial dapat memiliki dampak signifikan dalam membentuk peserta didik yang berpengetahuan, berwawasan agama, dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat dan budaya. Melalui pembelajaran tentang kearifan lokal (etnopedagogy), peserta didik dapat mengembangkan pemahaman tentang konteks sosial, nilai budaya dan agama, dan keterkaitan antara budaya lokal dan agama.
Article Details
lisence