Enhancing Intellectual Potential: The Influence of Education on the Development of Gifted Children with Exceptional Abilities

Main Article Content

Septa Monika
Seftha Meldi
Konto Iskandar Dinata

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas pengaruh pendidikan pada perkembangan anak cibi “cerdas istimewa berbakat istimewa”. Penelitian ini menggunakan metode Literatur review dimana hasil penelitian yang dipublikasikan 10 tahun terakhir terhadap semua kriteria penelitian yang direview terkait dengan pengaruh pendidikan pada perkembangan anak CIBI. Sumber bacaan yang digunakan berjumlah 11, dimana arikel dan jurnal ini didapatkan melalui 2 sumber yaitu google scholar dengan memsasukkan kata kunci “anak cibi” dan “pendidikan pada anak cibi”. Dari 11 sumber bacaan tersebut peneliti menyimpulkan bahwa dalam dunia pendidikan yang semakin maju, dapat dipahami bahwa terdapat kelompok-kelompok peserta didik yang berbeda-beda yang masing-masing berhak mendapatkan layanan pendidikan sesuai dengan keadaan dan kesempatan. Dalam kelompok ini termasuk kelompok anak yang dianggap anak berbakat intelektual, meskipun jumlahnya tidak melebihi anak normal, sekitar 2-3 persen. Namun, diasumsikan bahwa mereka tetap berhak mendapatkan pendidikan dan layanan khusus seperti anak-anak lainnya.

Article Details

How to Cite
Monika, S., Seftha Meldi, & Konto Iskandar Dinata. (2023). Enhancing Intellectual Potential: The Influence of Education on the Development of Gifted Children with Exceptional Abilities. UInScof, 1(2), 686–704. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/UInScof2022/article/view/951
Section
Articles