Kontekstualisasi Makna Khauf dalam Surat Al-Ahzab Ayat 19 padaMasa Pandemi

Main Article Content

nia adela septiani
John Supriyanto
Rahmat Hidayat3

Abstract

Pandemi covid-19 membuat masyarakat merasa takut (khauf) yang berlebihan Selain merusak tatanan kehidupan, pandemi juga melahirkan berbagai gangguan psikologis berupa stress yang berwujud dalam bentuk, kegelisahan, dan ketakutan yang berlebihan. Yang mengakibatkan tidak adanya keinginan untuk saling membantu antar masyarakat yang sedang terpapar virus Corona. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna khauf serta pengaplikasian teori doble movement Fazlur Rahman dalam surat Al-Ahzab ayat 19 pada masa pandemi.


Jenis penelitian kepustakaan (library research), adapun sumber data pada penelitian ini yaitu, Data primer berupa Al-Qur’an, kitab tafsir maudhu’i, tafsir al-Azhar, dan tafsir ibnu katsir. Sedangkan data sekundernya berupa artikel, jurnal, media dan dokumen tertulis yang revelan dengan penelitian ini.  Jenis metode adalah metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini terlebih dahulu menggali makna khauf dalam Al-Qur’an menurut beberapa pendapat para ahli. Setelah diketahui maknanya, kemuadian penulis menyajikan beberapa ayat Al-Qur’an yang membahas tentang khauf. Selanjutnya menerapkan metode Double Movement untuk memahami ayat-ayat khauf dengan berpegang pada pemahaman historis yang ada.


Dengan menggunakan teori Double Movement, diperoleh prinsip-prinsip umum dalam ayat Khauf. Pertama, mempercayai satu satunya sumber ketakutan (Khauf) dan sumber kesembuhan hanya dari Allah, dan Allah lah yang berhak memberi kesembuhan bagi setiap bagi penyakit yang diderita manusia. Kedua, Penyakit ruhani/jiwa memiliki dampak pada kesehatan jasmani. Ketiga, Al-Qur’an secara khusus bagi orang-orang yang beriman adalah petunjuk yang dapat menyingkap kebingungan, kekhawatiran, ketakutan, dan penyembuh segala penyakit kejiwaan serta Al-Qur’an dapat melegakkan hati orang-orang yang beriman, dan menghilangkan panas hati, yakni amarah yang terpendam di hati orang-orang mukmin.

Article Details

How to Cite
septiani, nia adela, John Supriyanto, & Rahmat Hidayat3. (2023). Kontekstualisasi Makna Khauf dalam Surat Al-Ahzab Ayat 19 padaMasa Pandemi . UInScof, 1(2), 832–849. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/UInScof2022/article/view/971
Section
Articles