Pengaruh Berwudhu Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa

Authors

  • Muhammad Fauzi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Amini Rizki Suci Lestari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mukti Ali Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

berwudhu, konsentrasi belajar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh berwudhu terhadap konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini berangkat dari asumsi-asumsi bahwa berwudhu sebelum belajar dapat meningkatkan konsentrasi belajar. Hal ini juga telah dibuktikan dari hasil-hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, dokumentasi dan angket. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis menggunkan statistik deskriptif inferensial (analisis perbandingan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, sebelum diterapkan pembiasaan berwudhu sebelum belajar dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa mencapai nilai rata-rata 55 dengan kategori “rendah”. Kedua, sesudah diterapkannya berwudhu sebelum belajar dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa mencapai nilai rata-rata 78 dengan kategori “tinggi”. Ketiga, Berwudhu sebelum belajar dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa dibuktikan dengan hasil to yang kita peroleh sebesar 9,269 dan t-tabel 5% sebesar 2,04 t-tabel 1% sebesar 2,75 itu berarti bahwa to  yang bertaraf 5% dan 1% > dari t-tabel (2,04<9,269>2,75) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan berwudhu sebelum belajar dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Hasil penelitian ini memperkuat hasil-hasil penelitian sebelumnya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Muhammad Fauzi, Amini Rizki Suci Lestari, & Mukti Ali. (2023). Pengaruh Berwudhu Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa . International Education Conference (IEC) FITK, 2(1), 108–122. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/iec/article/view/1007