Pengaruh Berwudhu Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa
Keywords:
berwudhu, konsentrasi belajarAbstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh berwudhu terhadap konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini berangkat dari asumsi-asumsi bahwa berwudhu sebelum belajar dapat meningkatkan konsentrasi belajar. Hal ini juga telah dibuktikan dari hasil-hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, dokumentasi dan angket. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis menggunkan statistik deskriptif inferensial (analisis perbandingan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, sebelum diterapkan pembiasaan berwudhu sebelum belajar dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa mencapai nilai rata-rata 55 dengan kategori “rendah”. Kedua, sesudah diterapkannya berwudhu sebelum belajar dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa mencapai nilai rata-rata 78 dengan kategori “tinggi”. Ketiga, Berwudhu sebelum belajar dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa dibuktikan dengan hasil to yang kita peroleh sebesar 9,269 dan t-tabel 5% sebesar 2,04 t-tabel 1% sebesar 2,75 itu berarti bahwa to yang bertaraf 5% dan 1% > dari t-tabel (2,04<9,269>2,75) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan berwudhu sebelum belajar dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Hasil penelitian ini memperkuat hasil-hasil penelitian sebelumnya