Pengaruh Pembelajaran E-Learning dan Tatap Muka Terhadap Minat Belajar Kimia Menggunakan Metode Structure Equation Modelling (SEM)
Keywords:
e-learning, tatap muka, minat, structure equation modellingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penggunaan pembelajaran e- learning dan tatap muka pada pelajaran kimia terhadap minat belajar kimia . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan non-probility sampling yaitu purposive sampling dengan total populasi 120 siswa dan sampel pada penelitian yang diperoleh yaitu 115 siswa XI MIA MA Patra Mandiri Plaju. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner serta dianalisa dengan structural equation modeling (SEM) menggunakan program SmartPLS 3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pembelajaran e-learning berpengaruh signifikan terhadap minat belajar secara parsial dengan nilai t-value sebesar 2,121. Hasil lainnya menunjukkan bahwa pembelajaran tatap muka dengan minat belajar secara parsial dengan nilai t-value sebesar 3,825. Variabel pembelajaran e-learning dan pembelajaran tatap muka berpengaruh signifikan disebabkan t-value lebih dari 1,96. Secara simultan pembelajaran e-learning dan tatap muka berpengaruh signifikan terhadap minat belajar kimia dikarenakan nilai F-hitung (24,114) > Ftabel (3,08). Berdasarkan hasil penelitian ini MA Patra Jaya Plaju Palembang dapat menerapkan indikator-indikator pembelajaran e-learning dan pembelajaran tatap muka secara parsial maupun simultan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran kimia di MA Patra Mandiri Plaju Palembang.