Instrumen Pembelajaran Daring dengan Rasch Model

Authors

  • Indah Wigati UIN Raden Fatah
  • Mukti Ali

Keywords:

Instrumen, model rasch, pembelajaran daring

Abstract

Pembelajaran daring merupakan proses belajar mengajar jarak jauh yang pengantaran bahan ajar dan interaksinya dilakukan melalui teknologi internet. Pelaksanaan pembelajaran daring tidak selamanya berjalan dengan baik karena terdapat beberapa faktor yang menyertai prosesnya. Sehingga untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dapat dilakukan pemberian instrumen yang berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah mengukur ketepatan dan kelayakan instrumen dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) perspektif gender di FITK UIN Raden Fatah Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis rasch. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Outfit MNSQ item adalah 0,99, nilai Outfit ZSTD adalah 0,00, dan reliabilitas instrumen yang dinyatakan dalam alpha cronbach bernilai 0,73. Analisis tingkat kesulitan butir soal menunjukkan bahwa
soal yang terdapat dalam instrumen terkategori sukar, sedang, dan mudah. Berdasarkan data tersebut maka kualitas instrumen ataupun interaksi antara person dan butir secara keseluruhan terkategori baik. Kategori ini menunjukkan adanya ketepatan dan kelayakan instrumen untuk mengukur sistem pembelajaran daring pada mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) perspektif
gender di FITK UIN Raden Fatah Palembang. Simpulan penelitian menyatakan bahwa instrumen bersifat layak dan memiliki ketepatan untuk mengukur efektivitas pembelajaran daring, namun tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik antara perempuan dan laki-laki

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-06

How to Cite

Indah Wigati, & Mukti Ali. (2022). Instrumen Pembelajaran Daring dengan Rasch Model. International Education Conference (IEC) FITK, 1(1), 124–133. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/iec/article/view/18