Melejitnya Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mendidik Siswa di Era Millenial

Authors

  • Nurlaila UIN Raden Fatah

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Era Millenial

Abstract

Era millennial, kecenderungan dunia pendidikan antara lain: berkembangnya model belajar jarak jauh (Distance Learning), mudahnya menyelenggarakan pendidikan terbuka, sharing resource bersama antar lembaga pendidikan, perpustakaan dan instrument pendidikan lainnya (Guru, Dosen, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi dari pada sekedar rak buku. Lembaga pendidikan menghadapi sebuah perubahan yang signifikan akibat proses digital, peluang untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus tantangan bagi dunia pendidikan di Indonesia. Guru merupakan salah satu faktor penting bagi keberhasilan pembangunan pendidikan dan peningkatan kualitas pendidikan di masa depan. Kompetensi pedagogik guru diiringi dengan kemampuan guru untuk memahami karakteristik peserta didik, baik berdasarkan aspek moral, emosional, dan intelektual. Metode yang digunakan kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library reserach) Guru harus memahami peserta didik. Hasil pembahasan kompetensi pedagogik guru di era millennial harus memiliki kompetensi pedagogik yang baik dan mempunyai cara-cara yang unik dalam memberikan pembelajaran terhadap siswa, mampu memanfaatkan teknologi informasi dengan menggunakan metode yang menyenangkan, memperdalam keilmuan dengan berbagai sumber bahan bacaan baik dari media sosial maupun dari buku.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-06

How to Cite

Nurlaila. (2022). Melejitnya Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mendidik Siswa di Era Millenial. International Education Conference (IEC) FITK, 1(1), 217–223. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/iec/article/view/29