Analisis Kesalahan Morfologi Dan Sintaksis Pada Abstrak Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Uin Raden Fatah Palembang

Authors

  • Kristina Imron UIN Raden Fatah

Keywords:

Morfologi, Sintaksis, Abstrak, Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan- kesalahan morfologis dan sintaksis yang terdapat di dalam abstrak skripsi mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Untuk selanjutnya memaparkan unit-unit morfologis dan sintaksis yang paling banyak ditemui kesalahan di dalam abstrak- abstrak tersebut, agar dapat diformulasikan upaya atau strategi yang tepat untuk mengatasi problematika morfologis dan sintaksis dalam penulisan tugas akhir mahasiswa pada Program studi Pendidikan bahasa Arab UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan isi terhadap kesalahan berbahasa. Objek abstrak yang diteliti sebanyak 12 abstrak dari mahasiswa angkatan masuk antara Tahun 2016-2017 dan dipilih secara random. Teks abstrak tersebut dijadikan sumber primer penelitian, adapun sumber sekunder lainnya meliputi artikel- artikel dan buku- buku terkait morfologi dan sintaksis dalam bahasa Arab. Adapun tahap- tahap analisis kesalahan berbahasa mengikuti langkah- langkah sebagai berikut: (1) mengumpulkan data, (2) mengidentifikasi kesalahan, (3) menjelaskan kesalahan, (4) mengklasifikasi dan merangking kesalahan, (5) mengevaluasi kesalahan. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan banyak terdapat kesalahan morfologi (shorof) dan sintaksis (nahwu) bahasa Arab di dalam abstrak skripsi mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa Arab. Kesalahan- kesalahan morfologi itu meliputi 6 aspek, yaitu: (1) kesalahan dalam penulisan kata, (2) kesalahan dalam pemilihan wazan, (3) kesalahan dalam pemilihan jenis kata, seperti fail atau fi’il, (4) kesalahan dalam penulisan huruf hamzah, baik hamzah washl, atau qoth’ dan layyinah, (5) kesalahan dalam peletakkan dhamir pada fi’il, (6) kesalahan dalam penulisan isim alam. Adapun kesalahankesalahan sintaksis bahasa Arab (nahwu) dalam abstrak skripsi mahasiswa meliputi 12 aspek, yaitu: (1) kaidah jumlah ismiyah (kalimat nomina) (2) kaidah jumlah fi’liyah (kalimat verba), (3) kaidah mudhaf dan mudhaf ilaih (kata majemuk), (4) kaidah na’at man’ut (kata sifat), (5) kaidah ma’rifah nakirah (khusus dan umum), (6) kaidah mudzakkar muannats (gender), (7) penulisan kata yang tidak sesuai dengan konteks, (8) kaidah bilangan khususnya bilangan bertingkat (‘adad tartibi), (9) kaidah isim isyarah (kata tunjuk), (10) kaidah- kaidah fi’il (verba), (11) kaidah jamak. Berdasarkan temuan penelitian, maka diperlukan upaya untuk mengurangi kesalahan- kesalahan morfologi dan sintaksis pada abstrak skripsi mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa Arab. Adapun upaya yang dapat dilakukan sebagai berikut: pertama, hendaknya mahasiswa kembali mempelajari kitab- kitab ilmu Nahwu dan Shorof melalui forum diskusi sesama mahasiswa atau belajar kepada pakar kedua ilmu tersebut. Kedua, hendaknya mahasiswa banyak membaca buku- buku berbahasa Arab untuk melihat contoh- contoh uslub (gaya Bahasa) dan untuk mempertajam dzauq lughawi (rasa kebahasaan). Ketiga, hendaknya mahasiswa mempelajari ilmu dilalah atau semantik, untuk dapat meletakkan kata di dalam kalimat sesuai konteks. Keempat, pengelola program studi dapa melibatkan tim eksternal yang menjadi reviewer atau ahli bahasa yang akan memperbaiki bahasa dalam penulisan skripsi pada umumnya dan abstrak pada khususnya sebelum dicetak

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Kristina Imron. (2022). Analisis Kesalahan Morfologi Dan Sintaksis Pada Abstrak Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Uin Raden Fatah Palembang. International Education Conference (IEC) FITK, 1(1), 19–27. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/iec/article/view/3