PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GURU

Authors

  • Amilda UIN Raden Fatah

Keywords:

Perencanaan, pelaksanaan, pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran guru dengan menggunakan dua pendekatan yakni kualitatif dan kuantitatif. Perencanaa tersebut dilakukan analisis pada dokumen RPP dan pelaksanaan pada implementasi RPP. Karena itu, permasalahan penelitian adalah bagaimana hasil telaah pada perencanaan pembelajaran guru? dan bagaimana pelaksanaan pembelajaran guru? Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa perencanaan pembelajaran guru SMA Negeri 18 Palembang berdasarkan rekapitulasi perhitungan pada telaah RPP pada tiga mata pelajaran menunjukkan hasil yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti serta mata pelajaran Fisika memperoleh nilai sama yakni 91 dengan peringkat amat baik. Sementara itu mata pelajaran Sosiologi memperoleh nilai 88 dengan peringkat Baik. Namun dari ketiga RPP tersebut sudah mengacu pada pedoman penyusunan perangkat pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Adapun yang mendukung hal tersebut adalah karena pemahaman guru yang baik terhadap implementasi kurikulum 2013, rutin mengikuti pelatihan dan workshop guna meng-up grade kompetensi paedagogik dan profesional serta kemudahan mengakses informasi terkait dengan kepentingan dan keperluan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran guru SMA Negeri 18 Palembang meliputi kegiatan pada kemampuan membuka pelajaran, penguasaan pada materi pelajaran dalam memberi penjelasan, kemampuan menggunakan metode pembelajaran, kemampuan memanfaatkan media pembelajaran, kemampuan dalam melibatkan siswa dalam pembelajaran, kemampuan dalam menggunakan waktu dengan efisien dan kemampuan menutup pelajaran. Namun dari pelaksanaan pembelajaran tersebut, nampaknya guru mata pelajaran Fisika memiliki sedikit kelemahan dalam beberapa hal walaupun secara substansi tidak menghambat proses pembelajaran, seperti kurangnya upaya untuk membangkitkan perhatian/minat pada saat membuka pelajaran, kurangnya melibatkan siswa pada implementasi metode, serta belum secara komprehensif melakukan simpulan pembelajaran bersama siswa diakhir pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil telaan dokumen RPP, nampaknya secara kompetensi semua guru memiliki pemahaman yang sangat baik dalam mendesain rencana pembelajaran, namun dalam implementasinya masih ada beberapa ketidak sesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan. Hal menarik dari penelitian ini diketahui bahwa guru Fisika tidak fleksibel dalam pelaksanaan pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-06

How to Cite

Amilda. (2022). PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GURU. International Education Conference (IEC) FITK, 1(1), 288–296. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/iec/article/view/38