ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TEST DIAGNOTIC TWO TIER MULTIPLE CHOICE DI MA PATRA MANDIR

Authors

  • Anggun Fahira UIN Raden Fatah
  • Moh. Ismail Sholeh

Keywords:

mikonsepsi, two tier multiple choice, larutan penyangga

Abstract

Miskonsepsi didefinisikan sebagai konsep yang berbeda dari pemahaman ilmiah yang diterima secara umum untuk konsep yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase miskonsepsi siswa dan mendeskripsikan miskonsepsi siswa pada materi larutan penyangga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di MA Patra Mandiri kelas XI MIA 1 yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data dengan memberikan 12 item tes pilihan ganda diagnostik dua tingkat dengan alasan setengah terbuka. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi pada materi larutan penyangga dengan rata-rata persentase keseluruhan 34,7%. Siswa mengalami konsep pengertian larutan penyangga sebesar 26,5%, komponen/senyawa larutan penyangga sebesar 36%, prinsip kerja larutan penyangga sebesar 42,5%, pH/pOH larutan penyangga sebesar 38,75%, dan fungsi larutan penyangga sebesar 30%. Berdasarkan hasil tes diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru untuk perbaikan dan pertimbangan pendekatan pembelajaran sehingga konsep yang salah atau miskonsepsi dapat dikurangi dan diminimalisir. Instrumen tes ini juga dapat digunakan oleh guru untuk mengetahui miskonsepsi
pada siswa lain

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-06

How to Cite

Anggun Fahira, & Moh. Ismail Sholeh. (2022). ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TEST DIAGNOTIC TWO TIER MULTIPLE CHOICE DI MA PATRA MANDIR. International Education Conference (IEC) FITK, 1(1), 302–308. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/iec/article/view/40