Moderat Pra-Asrama: Penguatan Nilai Moderasi Beragama bagi Peserta Didik MAN Insan Cendekia OKI melalui Moderat Corner
Abstract
Pengimplementasian nilai-nilai moderasi beragama di madrasah penting dilakukan untuk menjawab tantangan ideology intoleran yang secara cepat dan massif tersebar melalui dunia digital. MAN Insan Cendekia OKI memiliki program penguatan mdoerasi beragama melalui website Moderat Corner sebagai bentuk penanaman moderasi beragama bagi peserta didiknya, bahkan sebelum masuk asrama. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan penguatan nilai-nilai moderasi bagi peserta didik MAN Insan Cendekia OKI. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian dengan jenis peneliitan kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari data primer berupa hasil observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder dikaji melalui dokumen dan atau program penguatan moderasi beragama madrasah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa penguatan moderasi beragama yang diprogramkan melalui website moderat corner telah memberikan pemahaman bagi peserta didik baru tentang moderasi beragama sekaligus peserta didik menjawab siap untuk tinggal di asrama dengan adaptif dan toleran. Upaya ini dilakukan oleh MAN Insan Cendekia OKI sebagai bentuk pendidikan nilai-nilai moderasi beragama sekaligus pencegahan terhadap ideologi intoleran dan radikalisme bagi peserta didik.