Pengembangan Game Who Wants To Be A Chemist sebagai Media Pembelajaran pada Materi Struktur Atom Kelas X SMA/MA

Authors

  • Ade Dean Ardiansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Choirun Niswah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Resti Tri Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

Games, media pembelajaran, struktur atom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kelayakan game Who Wants To Be A Chemist sebagai media pembelajaran pada materi struktur atom kelas X di SMA/MA; 2) mengetahui respon peserta didik terhadap game Who Wants To Be A Chemist sebagai media pembelajaran pada materi struktur atom kelas X di SMA/MA. Metode Penelitian penelitian pengembangan (research & development) mengadaptasi dari model pengembangan Hannafin dan Peck. Penelitian ini melibatkan 2 ahli materi yaitu dosen dan guru mata pelajaran kimia, 1 ahli media. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 10 peserta didik untuk penelitian skala kecil dan 20 peserta didik untuk uji coba skala menengah. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid atau layak dikembangkan dengan rincian nilai dari dosen ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,3 termasuk dalam kategori sangat layak, guru ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,4 termasuk dalam kategori sangat layak”.Adapun respon peserta didik menunjukkan hasil yang positf, pada uji coba skala kecil memperoleh persentase sebesar 82,3% termasuk dalam kategori sangat setuju dan respon peserta didik pada skala menengah memperoleh persentase sebesar 86,8% termasuk dalam kategori sangat setuju.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Ade Dean Ardiansyah, Choirun Niswah, & Resti Tri Astuti. (2023). Pengembangan Game Who Wants To Be A Chemist sebagai Media Pembelajaran pada Materi Struktur Atom Kelas X SMA/MA. International Education Conference (IEC) FITK, 2(1), 78–84. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/iec/article/view/843