Pengembangan Modul Kimia Materi Koloid Berbasis STEM-PBL (Problem Based Learning)
Keywords:
Kata kunci : Modul, STEM-PBL (Problem Based Learning), koloidAbstract
Abstak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul kimia materi koloid berbasis STEM-PBL (Problem Based Learning) dengan kriteria valid dan layak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dibatasi sampai tahap pengembangan. Langkah-langkah pengembangan produk yang digunakan meliputi analysis (analisis), design (perancangan) serta development (pengembangan). Berdasarkan hasil penilaian validasi yang telah dilaksanakan diperoleh nilai validitas modul untuk ahli bahasa sebesar 78,80% dengan kategori valid, ahli kimia dibidang STEM-PBL sebesar 85,84% dengan kategori sangat valid, dan ahli desain sebesar 85,71% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang telah dilaksanakan pada tahap one-to-one diperoleh nilai 50 dengan kategori kurang menarik dan pada tahap small group diperoleh nilai 70 dengan kategori menarik. Modul pembelajaran materi koloid berbasis STEM-PBL (Problem Based Learning) dinyatakan valid dan layak.