Pengembangan Modul Kimia Materi Koloid Berbasis STEM-PBL (Problem Based Learning)

Authors

  • Ravensky Yurianty Pratiwi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Fitri Oviyanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Hellen Arindawati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

Kata kunci : Modul, STEM-PBL (Problem Based Learning), koloid

Abstract

Abstak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul kimia materi koloid berbasis STEM-PBL (Problem Based Learning) dengan kriteria valid dan layak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dibatasi sampai tahap pengembangan. Langkah-langkah pengembangan produk yang digunakan meliputi analysis (analisis), design (perancangan) serta development (pengembangan). Berdasarkan hasil penilaian validasi yang telah dilaksanakan diperoleh nilai validitas modul untuk ahli bahasa sebesar 78,80% dengan kategori valid, ahli kimia dibidang STEM-PBL sebesar 85,84% dengan kategori sangat valid, dan ahli desain sebesar 85,71% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang telah dilaksanakan pada tahap one-to-one diperoleh nilai 50 dengan kategori kurang menarik dan pada tahap small group diperoleh nilai 70 dengan kategori menarik. Modul pembelajaran materi koloid berbasis  STEM-PBL (Problem Based Learning) dinyatakan valid dan layak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Pratiwi, R. Y., Oviyanti, F., & Arindawati, H. (2023). Pengembangan Modul Kimia Materi Koloid Berbasis STEM-PBL (Problem Based Learning). International Education Conference (IEC) FITK, 2(1), 17–28. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/iec/article/view/857