Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Self-Regulated Learning Pada Tahun 2018-2023

Authors

  • Evelina Astra Patriot Universitas Sriwijaya
  • Pandu Jati Laksono Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

Bibliometrik, Self-Regulated Learning, Penelitian terbarukan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan profil tren penelitian terkait self-regulated learning dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah studi literatur dengan analisis bibliometrik. Artikel yang digunakan adalah tahun 2018-2023 dengan jumlah 500 artikel. Kata Kunci yang digunakan dalam perangkat lunak PoP yaitu self-regulated learning. Data artikel yang dianalisis dan diperoleh dengan menggunakan perangkat lunak Publish or Perish (PoP) pada database Scopus. Hasil tren publikasi berikut direpresentasikan dalam bentuk visualisasi grafis, yang dianalisis menggunakan perangkat lunak VOSviewer. Fokus hasil penelitian ini yaitu tren penelitian tentang self-regulated learning selama 5 tahun terakhir dan korelasinya pada variabel-variabel penelitian. Implikasi dari penelitian ini adalah (1) Temuan ini akan memberikan landasan empiris bagi perkembangan penelitian pendidikan IPA khususnya pada self-regulated learning pada pembelajaran; (2) Penelusuran mengenai tren dan keterbaharuan dari penelitian Pendidikan IPA (Kimia, Biologi, Fisika) khususnya untuk mahasiswa calon guru Pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Patriot, E. A., & Pandu Jati Laksono. (2023). Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Self-Regulated Learning Pada Tahun 2018-2023. International Education Conference (IEC) FITK, 2(1), 138–145. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/iec/article/view/861