Analisis Peran Artificial intelligence (AI) Dalam Penulisan karya Ilmiah Pada ChatGPT-3,5 dari OpenAI

Authors

  • Riki Walian Dani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

Artificial intelligence, Pendidikan, ChatGPT-3,5, OpenAI

Abstract

Perkembangan AI saat ini telah berkembang sangat signifikat, ditambah akibat pengaruh perkembangan internet yang begitu pesat menjadikan perkembangan AI benar – benar luar biasa. Kemampuan AI terutama AI dalam bidang percakapan ChatBot yang dulunya hanya mampu menjawab pertanyaan yang sudah terprogram kini dapat menjawab pertanyaan alamiah yang diberikan oleh manusia, ChatGPT-3,5 dari OpenAI, software ini membuka mata manusia dan memberikan ancaman terutama pada dunia kerja manusia. Pada artikel ini menggunkan metode penelitian kualitatif deskriptif, penulis mendeskripsikan hasil peneltiannya. ChatGPT sudah memberikan banyak benefit pada bidang Pendidikan terutama pada penulisan Ilmiah, peran ChatGPT-3,5 sangatlah fleksibilitas dan kompleks sebagai pembantu penerjemah sehingga mengatasi Batasan penulis untuk mendapatkan sumber rujukan berbahasa asing juga sebagai pembantu dalam memahami sebuah artikel dengan memberikan perintah merangkum bahkan membantu membuat tinjauan Pustaka. Ada banyak peran lainnya yang bisa diambil oleh ChatGPT seperti membantu menjawab pertanyaan sampai membantu meng-analisis data tapi pada beberapa jurnal telah memberikan Batasan untuk tidak memperbolehkan tulisan AI bahkan gambar hasil AI untuk dimuatkan pada artikel Ilmiah. Karena pada kenyataannya AI bukanlah seorang penulis. Karena pada akhirnya tulisan ilmiah adalah tulisan yang dibuat oleh manusia untuk menjawab fenomena – fenomena tertentu.

Downloads

Published

2023-12-21