Shaping Digital Interactions: The Role of Fairness in Teen Social Media Use
Keywords:
Perilaku digital, Karakter keadilan, Kegiatan sekolah, Penggunaan media sosial, RemajaAbstract
Di zaman sekarang, remaja tidak dapat dipisahkan dari penggunaan media sosial. Penelitian kuantitatif ini mengeksplorasi bagaimana karakter keadilan, sebuah karakter penting yang memengaruhi interaksi sosial, berdampak pada tujuan remaja menggunakan media sosial-baik untuk kegiatan sekolah maupun di luar konteks sekolah. Penelitian ini menggunakan instrumen keadilan yang terdiri dari empat faktor: eksploitasi, penghargaan, peran sosial, dan perilaku terbuka, serta instrumen Perilaku Media Sosial di Luar Sekolah (OSSMB) dan Perilaku Media Sosial di Dalam Sekolah (ISSMB). Sampel terdiri dari 539 siswa SMP dan SMA berusia 12 hingga 19 tahun dari sembilan kota di Jawa Barat. Hasil uji korelasi bivariat Pearson menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara penggunaan media sosial secara umum dengan karakter keadilan, dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,03 < 0,05. Namun, hasil korelasi antara OSSMB dan ISSMB dengan karakter fairness berbeda; karakter fairness berkorelasi signifikan dengan penggunaan media sosial untuk keperluan sekolah, tetapi tidak berkorelasi signifikan dengan penggunaan media sosial untuk keperluan di luar sekolah. Temuan ini memberikan implikasi praktis yang berharga bagi para pendidik dan orang tua. Dengan mendorong perkembangan karakter keadilan pada siswa, mereka dapat membimbing remaja dengan lebih baik dalam membuat pilihan penggunaan media sosial yang positif dan tepat. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih dalam tentang peran karakter dalam membentuk perilaku digital di kalangan remaja, yang menyoroti pentingnya pendidikan karakter di era digital.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Medina Chodijah, Ai Yeni Yuliyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.