PENGEMBANGAN BOOKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI EUBACTERIA DI SMA/MA

Authors

  • Sabira Sabira Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ummi Hiras Habisukan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Kurratul’Aini Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Tastin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Yustina Hapida Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

booklet, eubacteria, learning media

Abstract

Learning media can be used to boost students' interest and motivation in learning activities during the teaching and learning process. A booklet is one of the educational tools. This booklet is a small book that conveys material in the form of interesting summaries and pictures, It can be used to learn eubacteria information in biology courses as well as to teach biology in an engaging and enjoyable manner. The research method used to develop this support is a 4D model: definition, design, development, and dissemination. Based on the results of verification by linguists, the feasibility level is 87.5%, The verification results from material specialists are 85.71 %, while the verification results from media experts are 85.71 %. With a legitimate basis, the total percentage of product conformity criteria validation results is 86.30 %.  Based on these findings, the author's book can be used as teaching material for SMA/MA eubacterial content

References

Afifah, N., Isnaini, M., & ‘Aini, K. (2018). Hubungan Media Pembelajaran Komik dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 4(1), 9–13.

Agusta, E., & Arisandy, B. D. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Sstem Pernapasan di Kelas XI SMA PGRI Prabumulih. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(2), 109–123.

Aini, K., & Fahmy, A. (2020). Konstruksi Lingkungan Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Umum. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 10(2).

Anggun, D. P., Alberida, H., & Ardi. (2018). Pengaruh Penggunaan Papan Buletin dalam Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match ( ICM ) terhadap Kompetensi Kognitif Siswa SMA. JEMST, 1(2), 34–39.

Aryanti, E., & Hiras Habisukan, U. (2020). Analisis Keterampilan Bertanya Peserta Didik pada Model Problem Based Learning Mata Pelajaran Biologi Di SMA Nurul Iman Palembang Analysis of Students’ Questioning Skills on the Problem Based Learning Model of Biology Subjects at Nurul Iman High School Pa. In Jurnal Biologi Edukasi Edisi (Vol. 23).

Chairunnissa, T., Aini, K., Riswanda, J., & Agata, D. A. (2019). Review : Keterampilan Proses Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 44–48.

Damayanti, F., Vita, D., Mona, P., Handayani, T., & Armanda, F. (2019). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) berbasis Science , Technology , Engineering and Mathematics ( STEM ). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 29–34.

Darnella, R., & Afriansyah, D. (2020). Penerapan Metode Concept Mapping (Peta Konsep) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Gerak di MAN 1 Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, Dan Sains, 9(1).

Dewanti, R. A., Yana, Y., Maretha, D. E., Ulfa, K., Riswanda, J., & Nurokhman, A. (2019). Validitas Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang pada Materi Plantae di Kelas X SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 23–28.

Diba, H. Y., Astari, N. T., Anggun, D. P., Maretha, D. E., Riswanda, J., Afriansyah, D., Ulfa, K., & Destiansari, E. (2019). Review : Efektivitas Media Pembelajaran yang Dilengkapi dengan Model Pembelajaran untuk Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 2016–2019.

Febria Orkha, M., Anggun, D. P., & Wigati, I. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Mind Mapping pada Materi Sistem Peredaran Darah SMA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 77.

Habisukan, U. H., Ismail, F., Hapida, Y., & Julianti, P. I. (2017). The Effect Of Mind Mapping Learning Strategy To Students’ Learning Result on Excretory System Material At XI Class. Jurnal Al Ilmi, 6(2), 1–3.

Hariyanti, M., Tri Samiha, Y., Maretha, D. E., & Hapida, Y. (2019). Hasil Pembelajaran Kognitif dengan Model Pembelajaran POE pada Pelajaran IPA di SMP/SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 89–94.

Ismail, F., Hapida, Y., & Destianah, D. (2017). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup di MTs Negeri 2 Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v3i1.1336

Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencastomatic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1).

Marlina, L., Habisukan, U. H., & Arfika, D. (2017). Pengaruh Penerapan Model TPS (Think Pair Share) terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Biologi di MTs Negeri 1 Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(1), 25–37.

Meretha, D. E., Yustina Hapida, & Muhammad Anas Widhya. (2020). Modul Pengayaan untuk Kelas SMA/MA Kelas X Semester II: Pencemaran Lingkungan akibat Eksploitasi Batubara di Kecamatan Sungai Lilin (Vol. 1). NoerFikri.

Miftahussa’adiah, Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2020). Modul Identifikasi Aksi Gen F 2 Tanaman Kedelai Berbasis Discovery Learning untuk Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitan Dan Pengembangan, 5(5), 683–693. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat : Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadits, Syariah, Dan Tarbiyah, 3(1).

Pangestu, I., Habisukan, U. H., Hapida, Y., Handayani, T., & Oktiansyah, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Mind Mapping pada Materi Eubacteria Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 82–88.

Permatasari, E. (2014). Pengembangan Media Booklet Sebagai Media Layanan Orientasi Bimbingan Dan Konseling Di SMK Negeri 1 Pacitan. Universitas Negeri Malang : Skripsi Online.

Pratami, R., & Afriansyah, D. (2019). Review : Pengaruh Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar IPA Pealajaran Biologi pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 76–81.

Rahmawati, P., Aini, K., Riswanda, J., & Aisyah, N. F. (2019). Review : BERPIKIR KRITIS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 39–43.

Sanjaya, O. C., Habisukan, U. H., Aini, K., & Hapida, Y. (2019). Pengembangan Media Puzzle sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Materi Eubacteria di SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 95–99.

Saputri, W., & Handayani, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Calon Guru Berkemampuan Akademik Bawah dengan Model RQA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(2), 79–90.

Sari, I. P., Samiha, Y. T., Habisukan, U. H., & Wigati, I. (2019). Review : Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik ( E-LKPD ) menggunakan Model ADDIE. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 68–75.

Sukardi, I., Wigati, I., & Masripah, I. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VII di MTs Patra Mandiri Plaju Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 1(1), 22–29.

Syamsu, F. (2017). Pengembangan LKS Biologi Berbasis Kontekstual Dilengkapi Dengan Mind Map Pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria Untuk Siswa SMA. Jurnal Bionatural, 4(1).

Ulfa, K., & Rozalina, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Materi Sistem Pencernaan di SMP. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 10–22.

Ulfa, K., Supriatno, B., Anggraini, S., Studi, P., Biologi, P., Raden, U., & Palembang, F. (2020). Validitas Pengembangan Strategi Pembelajaran PPDP pada MAteri Fotosintesis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XII SMA di Kota Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(1), 65–76.

Vadilla, V. N., Habisukan, U. H., Aini, K., Tastin, & Hapida, Y. (2019). Pengembangan Buku Saku sebagai Media Pembelajaran pada Materi Eubacteria di SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 106–110.

Wigati, I. (2018). Pengembangan Modul Inquiry Terbimbing Bermuatan Nilai/ Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peserta Didik pada Materi Jamur Kelas XI. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 4(2), 101–109.

Yasfahaki, N. F. (2019). Designing Booklet Of Palembang Tourism Information In The City of Palembang. Politeknik Negeri Sriwijaya : Final Report.

Downloads

Published

2020-11-23

How to Cite

Sabira, S., Hiras Habisukan, U., ’Aini, K., Tastin, T., & Hapida , Y. . (2020). PENGEMBANGAN BOOKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI EUBACTERIA DI SMA/MA . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 3(1), 78–82. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio/article/view/520