UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN ENSIKLOPEDIA UNTUK MATERI FUNGI KELAS X DI SMA/MA
Keywords:
Encyclopedia, Fungi, Feasibility, Learning MediaAbstract
The aim of this research was to determine the appropriateness of encyclopedia learning media made from the results of isolation and identification of endophytic fungi on mahogany (Swietenia macrophylla) for class X SMA/MA fungi. The type of research is Research and Development with procedures adapted to the needs to be studied namely: 1) research and data collection, 2) instructional media design, 3) learning media production, 4) expert validation, 5) revision, 6) dissemination and implementation . From the results of the study, it was found that the encyclopedia media created was valid and suitable for use as a learning medium for class X fungi in SMA/MA. Based on the results of the validation analysis for the design, a percentage of 96.42% was obtained which was classified as very valid/feasible to use. The results of the material validation got a percentage of 95.83% which was classified as very valid/feasible to use. The results of the language validation got a percentage of 95.83% which was classified as very valid/feasible to use.
References
‘Aini K, & Armanda F. (2020). Konstruksi Lingkungan Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Umum. Jurnal BIOEDUIN. Program Studi Pendidikan Biologi. Vol 10, No 2.
‘Aini K., Megawati, Rojayanti N. (2021). Membekalkan Pengetahuan Prosedural dan Sikap Ilmiah kepada Siswa SMA melalui Pembelajaran Virtual Laboratory, 2021, Jurnal BIOEDUIN. Program Studi Pendidikan Biologi, 11 (1), 39-47.
Afifah N., ‘Aini K., Isnaini M. (2018). Hubungan media pembelajaran komik dengan motivasi belajar siswa kelas VII pada materi sistem organisasi kehidupan. Bioilmi: Jurnal Pendidikan. 4(1), 9-13.
Aisyah, N., ‘Aini, K., Syarifah, S., Wicaksono, A., Hapida, Y., Habisukan, U., Nurokhman, A., Lestari, W., Oktiansyah, R., & Armanda, F. (2022). Menganalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI Menggunakan Model Problem Based Learning. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(1), 60-66. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/bioilmi.v8i1.12923
Alberida, H., & Handayani, D. (2020). Pengembangan Asesmen Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sistem Sirkulasi untuk Siswa SMA Kelas XI. SIMBIOSA, 9(1), 39-51.
Anggriani, P., Rahma, N. R., Ningsih, H. I., Idawati, I., Afriansyah, D., Habisukan, U. H., & Anggun, D. P. (2020). Hubungan Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Vol. 3, No. 1, pp. 55-64).
Anggun D.P. (2021). The Development of Animal Physiology Handbook Based on Scientific Approached for Students at Biology Program. Jurnal Kiprah, Vol. 9 (1), 67-73.
Anggun, D. (2019). Pengembangan Penuntun Praktikum Perkembangan Hewan Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Mahasiswa Jurusan Biologi. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(2), 133-146. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/bioilmi.v5i2.4359
Anggun, D. P., & Rahmawati, R. (2022). Validitas Handout Biologi Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Animalia SMA/MA. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 9(2), 64-73.
Angraini, M. P., Asnilawati, A., Yuniar, Y., Habisukan, U. H., & Nurokhman, A. (2020). Analisis Soal Pilihan Ganda Untuk Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di Kelas Xi Sma/Ma. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Vol. 3, No. 1, Pp. 48-54.
Ardiansyah, H., Riswanda, J., & Armanda, F. (2021). Pengaruh model PBL dengan pendekatan stem terhadap kompetensi kognitif peserta didik pada materi sistem pencernaan kelas XI di SMA/MA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(1), 46-51.
Aryanti E., Jumhur J., Habisukan U.H. (2019). Analysis of Students’ Questioning Skills on the Problem Based Learning Model of Biology Subjects at Nurul Iman High School Palembang. Jurnal Biologi Edukasi, 11 (2), 1-8.
Anggoro, B. S. (2019). Pengembangan Majalah Biologi Berbasis Al-Qur’an Hadist Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Peserta Didik Kelas X Di Tingkat SMA/MA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(2), 164–172.
Azizah, P., & Syamsurizal, S. (2022). Kebutuhan Booklet sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Kingdom Fungi Kelas X SMA/MA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 121–126.
Hariyanto, D., & Mu’arifuddin, M. A. (2018). Kelayakan Aspek Materi dan Media dalam Pengembangan Bahan Ajar Bola Voli Berbasis Kontekstual. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 1–4. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n1.p12-15
Mujib, U. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Ensiklopedia Berbasis Bioedupreneurship. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muahammadiyan Semarang, 05(01), 32–40.
Pratiwi, N., Gardjito, G., & Hamidah, A. (2017). Pengembangan Majalah Biologi Sebagai Media Pembelajaran pada Pokok Bahasan Protista Kelas X MIA di SMAN 7 Kota Jambi. Jurnal BIODIK, 3(1), 27–34.
Putri, R. H., Rini, C. P., & Perdiansyah, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia IPA Berbasis Pendekatan Contextual Teaching & Learning (CTL) pada Materi Energi dan Perubahannya untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Fondatia, 6(3), 751–766. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2087
Berlian Z., ‘Aini K., Hikmah S.N. (2017). Pengaruh Pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMP Negeri 10 Palembang. Biolilmi: Jurnal Pendidikan, 3(1), 13-17.
Chandra, M, Alya, Andi Annisa Salwa Amirah, Anggi Dwi Pratiwi, Julia Ayu Ratama, Indah Wigati, Yuniar Yuniar, Yustina Hapida, U Hiras Habisukan, And Amin Nurokhman. 2020.“Pembuatan Ensiklopedia Pada Materi Plantae Di Sma/Ma”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 3, No. 1: 125–132. Http://103.84.119.236/Index.Php/Semnaspbio/Article/View/527.
Darnella R., Syarifah, Afriansyah D. (2020). Penerapan Metode Concept Mapping (Peta Konsep) dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Gerak di MAN 1 Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains. 9(1), 73-86.
Dasar, W. O. S., Samiha, Y. T., Asnilawati, A., Riswanda, J., & Nurokhman, A. (2020). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Multimedia Interaktif Di lengkapi Education Game. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi Vol. 3, No. 1, pp. 90-97.
Dewanti, R. A., Yana, Y., Maretha, D. E., Ulfa, K., Asnilawati, A., Riswanda, J. R., & Nurokhman, A. N. (2019). Validitas Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Pada Materi Plantae Di Kelas X Sma. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Vol. 2, No. 1, Pp. 23-28.
Dewi, D.A., Mulyana, A., Ulfa, K., Riswanda, J., Handayani, T., Wicaksono, A., Engga Maretha, D., Miftahussa’adiah, M., Sariwulan, M., Putri Anggun, D., Fuadiyah, S., Rahmawati, D., & Destiansari, E. (2021). Validitas Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Materi Jaringan Hewan Kelas XI Di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 4(1), 94–103.
Dismarianti, I., Riswanda, J., Anggun, D. P., Maretha, D. E., & Ulfa, K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Modul Elektronik (E-Modul) pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Kelas VIII SMP/MTS. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Vol. 3, No. 1, pp. 110-119.
Habisukan, U.H., F. Ismail, Y. Hapida, And P. Julianti, (2017).“The Effect Of Mind Mapping Learning Strategy To Students’ Learning Result On Excretory System Material At Xi Class”, Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan Mipa, Vol. 6, No. 2, Pp. 11-13.
Hapida, Y., Faizah, U., Fitriyanti, O. And Nawawi, S. (2015). The Effect Of Generative Learning Model To The Analysis Ability Of Student In Human System Material. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan Mipa. 4, 1 (Jan. 2015).
Hapida, Y., Munir ., Syarifah ., And Marleni . (2015). “The Effect Of Problem Based Learning Model To The Student Creative Thinking On Cell Material”. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan Mipa 4, No. 1, 2015). Http://Jurnal.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Alilmi/Article/View/2124.
Hapida, Y., Nurlaeli ., And Ayu Kharisma. (2016) “The Effect Of Scientific Approach To The Science Process Skills On Global Warming Material In Vii Class”. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan Mipa 5, No. 1.
Http://Jurnal.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Alilmi/Article/View/2132.
Hapida, Y., Syarifah, S., Habisukan, U. And Weliyani, V. (2016). The Effect Of Audio-Visual Media On Digestive System Material Concept In Viii Class. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan Mipa. 5, 1.
Hardiyanti, T., Amilda, A., Ulfa, K., Wicaksono, A., Setyabudi, D., & Sari, L. N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kit Optik Berbasis Guided Inquiry Terhadap Kompetensi Kognitif Siswa Pada Materi Cahaya Di SMP N 40 Palembang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Vol. 3, No. 1, pp. 139-146.
Karyniah, M. A., Riswanda, J., & Safitri, R. (2021). Pencapaian Konsep Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Vol. 4, No. 1, pp. 138-144.
Khairunnisa, L., Ramadhan, W., Putri Anggun, D. ., Falahudin, I., Wigati, I., Hapida, Y., Tri Samiha, Y., Wicaksono, A., Ulfa, K., & Destiansari, E. (2021). Respon Guru Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 Di Beberapa Kota Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 4(1), 83–93.
http://103.84.119.236/index.php/semnaspbio/article/view/669
Khalbu, T. T., Amalia, T., Ulfa, K., Riswanda, J., Maretha, D. E., Nurokhman, A., & Rahmawati, D. (2018). Validitas Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas Vii Smp/Mts. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 1, No. 1, Pp. 75-85).
Laksono, P., Wicaksono, A., & Habisukan, U. H. (2022). Pendampingan Pemanfaatan Simulasi PhET Sebagai Media Interaktif Virtual Laboratorium Di Mts Tarbiyatussibyan. Jurnal Anugerah, 4(2), 179–192. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.4843.
Laraphaty, N. F. R., Riswanda, J., Anggun, D. P., Maretha, D. E., & Ulfa, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Vol. 4, No. 1, pp. 145-156.
Lena, L. A. N., Samiha, Y. T., Habisukan, U. H., Wigati, I., Hapida, Y., & Anggun, D. P. (2020). Studi tentang Pengembangan Bahan Ajar E-Book. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Vol. 3, No. 1, pp. 33-40.
Lestari, W., Wigati, I., Sholeh, M., & Pramita, D. (2022). Instrumen Literasi Digital Guru Menggunakan Model Rasch. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2), 104-113. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v6i2.15019.
Lestari, W., Wigati, I., Sholeh, M., & Pramita, D. (2022). Instrumen Literasi Digital Guru Menggunakan Model Rasch. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2), 104-113. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v6i2.15019.
Marlina, L., Habisukan, U., & Arfika, D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Tps (Think Pair Share) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Biologi Di Mts Negeri 1 Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(1), 25-37. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/bioilmi.v3i1.1337
Miftahussa’adiah. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Media Pembelajaran berbasis Web bagi Mahasiswa. Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 13:54-59
Miftahussaadiah. (2021). Application of The Lesson Study-Based Problem Learning Model To Improve Communication Skills And Teamwork Skills Of Biological Education Students. IJER (Indonesian Journal of Educational Research), 6(2), 86-90.
Monica, I., Wulandari, A., Ulfa, K., Riswanda, J., Samiha, Y. T., Afriansyah, D., & Rahmawati, D. (2021). Validitas Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Terintegrasi Praktikum Pada Materi Sistem Peredaran Darah Di Kelas VIII SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Vol. 4, No. 1, pp. 122-131.
Orkha, M., Anggun, D., & Wigati, I. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Mind Mapping Pada Materi Sistem Peredaran Darah SMA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 77-85. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i2.7011
Pangestu, I., Habisukan, U. H., Hapida, Y., Handayani, T., & Oktiansyah, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Mind Mapping Pada Materi Eubacteria Kelas X. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Vol. 2, No. 1, pp. 82-88.
Patresiyah, M., Syarifah, S., Oktiansyah, R., Habisukan, U. H., & Armanda, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Microsoft Power Point Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI Di SMA/MA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Vol. 4, No. 1, pp. 63-68.
Pradana, T., Putra, A., Kurniawan, M., & Wicaksono, A. (2022). Penyusunan Media Poster Dalam Pembelajaran Biologi: Mikroorganisme Lokal (Mol) Pada Tanaman Jagung Sebagai Bioaktivator Pakan Ternak. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(2), 91-100. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/bioilmi.v8i2.13654.
Puspita Sari, I., Tri Samiha, Y. ., Hiras Habisukan, U., Wigati, I. ., & Hapida , Y. (2019). Review: Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-Lkpd) Menggunakan Model Addie. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 2(1), 68–75. Retrieved from http://103.84.119.236/index.php/semnaspbio/article/view/479
Putri, D. A., Habisukan, U. H., Tastin, T., & Hapida, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Eubacteria Di SMA/MA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Vol. 4, No. 1, pp. 78-82.
Rahmawati, A., Ulfa, K., Maretha, D. E., Nurokhman, A., Samiha, Y. T., Sariwulan, M., & Rahmawati, D. (2018). Validitas Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Materi Ekologi Kelas X Sma/Ma. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Vol. 1, No. 1, Pp. 49-55.
Rianti, Ummi H. Habisukan, Yustina Hapida, Tutut Handayani, & Rian Oktiansyah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Eubacteri Di Sma/Ma. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 1(1), 21–27. Http://Proceedings.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Semnaspbio/Article/View/93
Rohmah, D. A., Utami, S., & Primiani, C. N. (2020). Penyusunan Ensiklopedia Dan Media Katalase Resin Berbasis Identifikasi Keanekaragaman Arthropoda Tanah Dikawasan Alas Kucur Kabupaten Ponorogo Sebagai Sumber Belajar Sma Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Simbiosis V, 2017, 123–130.
Sabtaningrum, F. E., Wiyokusumo, I., & Leksono, I. P. (2020). E-book Tematik Terpadu Berbasis Multikultural Dalam Kegiatan SFH ( School from Home ). 4(2), 153–162.
Selviani, S., & Anggraini., W. (2018). No Title. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 79–87.
Syafir, E., Yogica, S., Alberida, R., Ardi, H., & Ardi. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Jamur untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 15–21.
Syamsurizal, S., Syarif, E. A., Darussyamsu, R., & Farma, S. A. (2021). Developing human movement system booklet as a biology teaching material supplement for XI grade students. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 7(1), 95–103.
Riswanda J. (2018). Pengembangan soal berbasis higher order thinking skill (HOTS) serta implementasinya di SMA Negeri 8 Palembang. Didaktika Biologi, Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2 (1), 49-58.
Riswanda J., & Afriansyah D. (2018). Penerapan peta konsep (concept mapping) dan badan dikotomi konsep (BDK) serta pengaruhnya terhadap penguasaan konsep siswa di MA Al-Fatah Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 4(2), 62-71.
Ruqoyyah, R., Maretha, D. E., & Afriansyah, D. (2021). Perbandingan Metode Peta Konsep Dan Bagan Dikotomi Konsep (Bdk) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Sma/Ma. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(2), 58-66
Salim, A., Habisukan, U. H., Hapida, Y., Handayani, T., & Oktiansyah, R. (2021, December). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Pada Materi Eubacteria Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. Vol. 4, No. 1, pp. 1-6.
Sanjaya, O. C., Habisukan, U. H., Tastin, T., & Hapida, Y. (2019). Pengembangan Media Puzzle Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Eubacteria Di SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Vol. 2, No. 1, pp. 95-99.
Sari, D. V. P. M., Syarifah, S., Damayanti, F., Handayani, T., & Nurokhman, A. (2021). Berpikir Kritis Pada Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Vol. 4, No. 1, Pp. 104-111.
Sari, P. P., Syarifah, S., Oktiansyah, R., Habisukan, U. H., & Asnilawati, A. (2020). Pengembangan Booklet Sebagai Media Ajar Pada Materi Sistem Ekskresi Dikelas XI MA/SMA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Vol. 3, No. 1, pp. 105-109.
Sestiya, S., Habisukan, U. H., Tastin, T., & Hapida, Y. (2020). Pengembangan Modul Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Eubacteria Di SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Vol. 3, No. 1, pp. 83-89.
Vadilla, V.N., Habisukan, U.H., ’Aini, K., Tastin, T., & Hapida , Y. (2019). Pengembangan Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Eubacteria Di Sma/Ma. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 2(1), 106–110. Http://Proceedings.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Semnaspbio/Article/View/486
Wati, I., Falahudin, I., & Habisukan, U. H. (2020). Analisis Pola Dermatoglifi dan Sudut ATD berdasarkan Tingkat Intelegensi Siswa di SMA Unggulan Palembang Sumbangsihnya pada Materi Genetika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi Vol. 3, No. 1, pp. 1-10.
Wigati I, & ‘Aini K. (2020). Biology Education Student's Analysis of Reasoning on Plant Taxonomy Coursewhite Rasch Model. Edusains, 12 (2), 145-153.
Wigati, I., Yuniar, & Lestari, W. (2023). Community Resistance to Online Learning Policies During Covid-19 Pandemic in Education. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 12(1), 1-14. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v11i1.1486.
Yanti E.D., Wigati I., Habisukan U.H. (2019). Perbedaan kemampuan berpikir kritis laki-laki dan perempuan pada materi sistem peredaran darah mata pelajaran biologi kelas XI MIPA MAN 1 Banyuasin II. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 66-71.
Yanti, E. D., Wigati, I., & Habisukan, U. H. (2019). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Laki-Laki dan Perempuan pada Materi Sistem Peredaran Darah Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA MAN I Banyuasin III. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 66-71.
Zhafirah, E., & Aisiah. (2019). Pengembangan Ensiklopedia Kerajaan-Kerajaan Hindu-Budha di Nusantara sebagai Sumber Belajar di SMA. Jurnal Halaqah, 1(4), 469–484.
Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2020). Modul Identifikasi Aksi Gen F2 Tanaman Kedelai Berbasis Discovery Learning untuk Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(5), 683-692.