PEMANFAATAN BUKU CHEMISTRY IN CONTEXT SEBAGAI SUMBER PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS LITERASI SAINS

Authors

  • Kartika Metafisika Sekolah Tinggi Agama Islam Taruna Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

chemistry in context, literasi sains, pemanfaatan sumber belajar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik buku kimia berbasis konteks sebagai sumber referensi pengembangan pembelajaran kimia berbasis literasi sains. Dengan metode analisis buku teks kimia dari buku karangan Gilbert et al (2017) dan Fahlman et al. (2017) diketahui bahwa buku Chemistry in Context karya Fahlman (2017 lebih sesuai dengan tujuan pembelajaran kimia berliterasi sains karena konsep-konsep yang disajikan secara hierarkis mengacu pada konteks serta pembaca disajikan implikasi terhadap lingkungan dan Masyarakat terkait konteks yang disajikan . Selain itu buku ini memberikan pertanyaan pemantik sesuai pengetahuan literasi sains yang terdiri dari pengetahuan konten, prosedural, dan epistemik.  Dengan memanfaatkan buku ini diharapkan calon guru dapat dengan mudah beradaptasi mengembangkan imajinasinya menghubungkan antara konteks nyata dengan konsep dan pengetahuan kimia untuk menciptakan pembelajaran kimia berliterasi sains

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Kartika Metafisika. (2023). PEMANFAATAN BUKU CHEMISTRY IN CONTEXT SEBAGAI SUMBER PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS LITERASI SAINS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 2(1), 1–6. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/1071