INTEGRASI TEKNOLOGI DAN LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK

Authors

  • Rusmansyah Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan, Indonesia

Keywords:

kemampuan berpikir tingkat tinggi, lingkungan, pembelajaran berdeferensiasi, teknologi

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji konsep, tantangan, dan peluang integrasi teknologi dan lingkungan pada pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Metode penulisan menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan, menganalisis, dan menyintesis berbagai sumber yang relevan dengan topik penelitian. Hasil kajian menunjukkan bahwa: (1) integrasi teknologi dan lingkungan adalah proses menggabungkan penggunaan teknologi dan lingkungan sebagai sumber belajar dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan; (2) pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang menyesuaikan metode, materi, dan cara mengevaluasi peserta didik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan individu peserta didik; (3) kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah kemampuan untuk menggunakan informasi dalam menyelesaikan masalah, menganalisis argumen, negosiasi isu, atau membuat prediksi; (4) integrasi teknologi dan lingkungan dapat mendukung pembelajaran berdiferensiasi dengan cara menyediakan sumber belajar yang beragam, relevan, autentik, dan bermakna bagi peserta didik; (5) integrasi teknologi dan lingkungan dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik dengan cara memberikan tantangan, masalah, atau proyek yang memerlukan penggunaan informasi dalam menyelesaikan masalah, menganalisis argumen, negosiasi isu, atau membuat prediksi. Dengan demikian,  integrasi teknologi dan lingkungan pada pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Rusmansyah. (2023). INTEGRASI TEKNOLOGI DAN LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 2(1), 7–18. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/1072