KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PADA PESERTA DIDIK SAAT MELAKUKAN KEGIATAN PRAKTIKUM KOLOID

Authors

  • Aisyah S Daniken Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesi
  • Amelia P Gestin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Pandu J Laksono Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

kemampuan psikomotorik, koloid, peserta didik, praktikum

Abstract

Pendidikan di Indonesia pada abad ke-21 banyak mengalami perubahan, hal ini disebabkan oleh adanya tantangan dan tuntutan yang mengharuskan pendidikan di Indonesia menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dan memiliki daya saing. Kemampuan peserta didik dalam memperoleh pengetahuan berdasarkan kejadian nyata merupakan bagian dari keterampilan sains. Kemampuan peserta didik yang dituju adalah keterampilan mengamati, mengkasifikasikan, menerjemahkan, memperkirakan, mengajukan pertanyaan, berasumsi, merancang percobaan, menerapkan konsep, berkomunikasi dan melaksanakan percobaan. Metode yang digunakan di dalam penetilian ini adalah kualitatif deskriptif, karena metode ini relevan dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan dari peserta didik menggunakan alat saat praktikum dalam materi koloid. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik sudah baik dalam menggunakan alat saat praktikum berlangsung, peserta didik juga mampu mengetahui apa saja guna dari alat-alat yang mereka gunakan dalam praktikum.  Namun, sayangnya peserta didik masih kurang berhati hati dalam menggunakan alat tersebut sehingga terjadinya kecelakan kerja saat melakukan praktikum.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Aisyah S Daniken, Amelia P Gestin, & Pandu J Laksono. (2023). KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PADA PESERTA DIDIK SAAT MELAKUKAN KEGIATAN PRAKTIKUM KOLOID. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 2(1), 53–58. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/1077

Most read articles by the same author(s)