PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMK N 1 MERAPI TIMUR

Authors

  • Indah Wigati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesi
  • Ravensky Y Pratiwi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Pitriya S Dewita Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

flipped classroom, hasil belajar, dan ranah kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar kognitif siswa SMK Negeri 1 Merapi Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal Juni- Juli 2023 di SMK N 1 Merapi Timur. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental dengan rancangan model one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Merapi Timur. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, dimana sampel yang terpilih adalah kelas XI TITL yang berjumlah 22 orang sebagai kelas control dan eksperimen. Instrument penelitian menggunakan uji validitas, uji reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan Uji normalitas, uji homogenitas, untuk mengetahui data terdistribusi normal dan data memiliki varian yang sama (homogen) dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan hasil nilai 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 sehingga  ditolak dan  diterima serta didapatkan hasil perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara nilai pretest dan nilai postest. Dengan menggunakan langkah- langkah model pembelajaran flipped classroom disertai dengan beberapa kelebihan model pembelajararan flipped classroom sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di SMK Negeri 1 Merapi Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Indah Wigati, Ravensky Y Pratiwi, & Pitriya S Dewita. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMK N 1 MERAPI TIMUR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 2(1), 66–75. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/1080

Most read articles by the same author(s)