PENGEMBANGAN CHEMISTRY E-MAGAZINE TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI KOLOID

Authors

  • Devitasari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesi
  • Moh. Ismail Sholeh Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ravensky Y Pratiwi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

chemistry e-magazine, koloid, nilai-nilai keislaman, pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan chemistry e-magazine terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi koloid yang valid dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap chemistry e-magazine yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Borg & Gall yang diadobsi menjadi tujuh tahap, yaitu (1) pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) validasi, (5) revisi, (6) uji coba lapangan dengan uji coba skala kecil dan skala menengah, (7) hasil produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Azharyah Palembang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara, lembar angket validasi ahli dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil validasi dari beberapa ahli, yaitu ahli media memperoleh persentase 96,00% dengan kategori “sangat valid”, ahli materi  93,33% dengan kategori “sangat valid”, ahli bahasa 86,87% dengan kategori “sangat valid”, ahli tafsir 96,00% dengan kategori “sangat valid”. Respon peserta didik terhadap chemistry e-magazine terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi koloid diperoleh persentasi 87,33% dengan kategori “sangat menarik” untuk uji coba skala kecil dan 88,71% dengan kategori “sangat menarik” untuk uji coba skala menengah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Devitasari, Moh. Ismail Sholeh, & Ravensky Y Pratiwi. (2023). PENGEMBANGAN CHEMISTRY E-MAGAZINE TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI KOLOID. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 2(1), 76–88. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/1081

Most read articles by the same author(s)