PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA TOPIK KOROSI MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA SMP

Authors

  • Meitiana Lestari Universitas Sriwijaya
  • Sofia Universitas Sriwijaya
  • Maefa E Haryani Universitas Sriwijaya
  • Efendi Universitas Sriwijaya

Keywords:

penelitian pengembangan, lembar kerja peserta didik, korosi, problem based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Topik korosi menggunakan model Problem Based learning (PBL) untuk siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang dilakukan adalah model pengembangan Rowntree yang dimodifikasi dengan evaluasi formatif Tessmer. Teknik analisa data yang digunakan untuk validasi adalah rumus V Aiken’s, kepraktisan adalah rumus Cohhen Kappa dan keefektifan menggunakan konversi uji N-gain. Penelitian ini telah menghasilkan LKPD IPA topik Korosi menggunakan Model PBL untuk siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sebagai berikut: 1) Valid, dengan rata-rata skor kevalidan sebesar 0,97 dengan kategori sangat valid. 2) Praktis, diperoleh dengan rata-rata skor kepraktisan diperoleh dengan rata-rata skor kepraktisan tahap one to one sebesar 1 dengan kategori sangat layak dan small group evaluation dengan rata-rata kepraktisan 0,95 dengan kategori  sangat layak. 3) Efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai persen N-gain sebesar 85,22 dengan kategori efektif. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik IPA topik korosi menggunakan problem based learning yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Meitiana Lestari, Sofia, Maefa E Haryani, & Efendi. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA TOPIK KOROSI MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA SMP . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 2(1), 102–110. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/1084