ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) PADA MATERI ASAM BASA

Authors

  • Adellia Siregar Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesi
  • Moh. Ismail Sholeh Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Siti Marfu’ah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

keterampilan proses sains, Model Predict-Observe-Explain (POE), materi asam basa

Abstract

Penelitian ini membahas analisis keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada materi asam basa. Penelitian dilakukan di salah satu SMA swasta di Palembang dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep kimia sekaligus mengembangkan keterampilan proses sains mereka. Model pembelajaran POE dipilih karena memungkinkan siswa membuat asumsi, mengamati, dan menjelaskan hasil observasi serta eksperimen mereka sendiri, memberikan siswa peran aktif dalam pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes pada lembar kerja siswa (LKS) selama praktikum berbasis POE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran POE efektif dalam meningkatkan prestasi siswa, kemampuan mengajukan pertanyaan, merencanakan percobaan, menggunakan alat dan bahan, mengklarifikasi, memprediksi, menginterpretasi data, menerapkan konsep, dan mengkomunikasikan hasil. Keseluruhan siswa memperoleh peningkatan signifikan dalam keterampilan proses sains mereka dengan nilai rata-rata 77,2%. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis POE sangat bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa pada materi asam basa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Adellia Siregar, Moh. Ismail Sholeh, & Siti Marfu’ah. (2023). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) PADA MATERI ASAM BASA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 2(1), 127–134. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/1088