PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BRIDGE CARD CHEMISTRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KIMIA UNSUR DI MAN 1 PRABUMULIH

Authors

  • Anggun Suherlin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesi
  • Indah Wigati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Pandu J Laksono Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

bridge card, hasil belajar, kimia unsur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran bridge card chemistry terhadap hasil belajar siswa pada materi kimia unsur di MAN 1 Prabumulih. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa MAN 1 Prabumulih. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling, yaitu siswa kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2 dengan jumlah data 75 siswa, semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 di MAN 1 Prabumulih. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa 25 soal pilihan ganda pre-test dan post-test. Analisa data hasil belajar peserta didik menggunakan uji- paired t test dengan tingkat kepercayaan signifikasinya 0,05 analisis tes statistik parametik melalui software SPSS versi 26. Hasil uji perbedaan rata-rata nilai mean pre-test eksperimen sebesar 56.26 dan pada post-test mengalami angka peningkatan yaitu sebesar 85,65. Begitu pula pada kelas kontrol mean pre-test sebesar 52,45 dan pada post-test mengalami kenaikan menjadi 78,35. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata setelah dilakukan treatment pada kelompok eksperimen.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Anggun Suherlin, Indah Wigati, & Pandu J Laksono. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BRIDGE CARD CHEMISTRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KIMIA UNSUR DI MAN 1 PRABUMULIH . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 2(1), 152–161. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/1091

Most read articles by the same author(s)