MISKONSEPSI SISWA DENGAN IN DEPTH INTERVIEW PADA MATERI STRUKTUR ATOM
Keywords:
in-depth interview, miskonsepsi, struktur AtomAbstract
Miskonsepsi pada dasarnya diartikan sebagai bentuk kekeliruan terhadap suatu materi yang berakibat pada kesulitan belajar dan rendahnya perolehan hasil belajar. Dalam hal ini, urgensi perlu diusut guna sebagai rujukan untuk mengetahui miskonsepsi siswa dengan menggunakan teknik in-depth interview. Pada penelitian ini dilakukan analisis menggunakan intrumen tes wawancara sebagai penguatan dalam analisis miskonsepsi siswa dengan pendekatan kualitatif. Responden pada penelitian ini ialah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 MA Islamiyah Bindu berjumlah 43 siswa. Pengumpulan data dianalisis berdasarkan data instrument tes dan wawancara. Analisis berdasarkan pada data penelitian menghasilkan siswa yang terdeteksi mengalami miskonsepsi pada beberapa subkonsep materi struktur atom. Diantara miskonsepsi yang tersebut, miskonsepsi paling banyak teridentifikasi pada indikator menjelaskan proses penemuannya, partikel penyusun atom, teori atom, hingga penentuan harga bilangan kuantum. Hal ini dilatar belakangi oleh siswa yang terbiasa menghafalkan konsep dalam materi pembelajaran dan berdampak pada miskonsepsi sub materi struktur atom. Identifikasi terhadap miskonsepsi yang terjadi di lingkungan pembelajaran memiliki urgensi dalam identifikasi miskonsepsi siswa di lingkungan pendidikan perlu perhatian khusus sebagai upaya evaluasi guru untuk bisa mengupgrade kegiatan belajar mengajar agar tidak memperparah problem miskonsepsi siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rosa Linda, Resti T Astuti, Pandu J Laksono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.