MISKONSEPSI SISWA DENGAN IN DEPTH INTERVIEW PADA MATERI STRUKTUR ATOM

Authors

  • Rosa Linda Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesi
  • Resti T Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Pandu J Laksono Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

in-depth interview, miskonsepsi, struktur Atom

Abstract

Miskonsepsi pada dasarnya diartikan sebagai bentuk kekeliruan terhadap suatu materi yang berakibat pada kesulitan belajar dan rendahnya perolehan hasil belajar. Dalam hal ini, urgensi perlu diusut guna sebagai rujukan untuk mengetahui miskonsepsi siswa dengan menggunakan teknik in-depth interview. Pada penelitian ini dilakukan analisis menggunakan intrumen tes wawancara sebagai penguatan dalam analisis miskonsepsi siswa dengan pendekatan kualitatif. Responden pada penelitian ini ialah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 MA Islamiyah Bindu berjumlah 43 siswa. Pengumpulan data dianalisis berdasarkan data instrument tes dan wawancara.  Analisis berdasarkan pada data penelitian menghasilkan siswa yang terdeteksi mengalami miskonsepsi pada beberapa subkonsep materi struktur atom. Diantara miskonsepsi yang tersebut, miskonsepsi paling banyak teridentifikasi pada indikator menjelaskan proses penemuannya, partikel penyusun atom, teori atom, hingga penentuan harga bilangan kuantum. Hal ini dilatar belakangi oleh siswa yang terbiasa menghafalkan konsep dalam materi pembelajaran dan berdampak pada miskonsepsi sub materi struktur atom. Identifikasi terhadap miskonsepsi yang terjadi di lingkungan pembelajaran memiliki urgensi dalam identifikasi miskonsepsi siswa di lingkungan pendidikan perlu perhatian khusus sebagai upaya evaluasi guru untuk bisa mengupgrade kegiatan belajar mengajar agar tidak memperparah problem miskonsepsi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Rosa Linda, Resti T Astuti, & Pandu J Laksono. (2023). MISKONSEPSI SISWA DENGAN IN DEPTH INTERVIEW PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 2(1), 206–215. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/1097

Most read articles by the same author(s)