INOVASI PEMBELAJARAN KIMIA PASCA PANDEMI COVID-19
Keywords:
inovasi, pembelajaran kimia, pasca pandemi covid-19Abstract
Pandemi covid-19 sebagai peluang untuk memikirkan kembali sistem pendidikan di Indonesia. Adanya pandemi Covid-19 tidak lagi menjadikan sekolah tempat bertemunya peserta didik dan guru. Pembelajaran selama pandemi dilakukan secara daring. Pembelajaran secara daring membuat peserta didik belum terbiasa dan faktor-faktor lainnya seperti infrastruktur, sistem, aplikasi, konten dan media pembelajaran digital tentunya mempengaruhi siswa dalam memahami materi yang dipelajari. Oleh karena itu pembelajaran pasca pandemi Covid-19 menuntut guru mengembangkan keterampilan berbasis teknologi informasi. Inovasi pembelajaran pasca pandemi Covid-19 tetap berorientasi pada tujuan dan pembelajaran yang bermakna serta menciptakan suasana belajar yang menarik bagi peserta didik. Inovasi pembelajaran yang dapat digunakan guru pasca pandemi Covid-19 yaitu mengembangkan bahan ajar berbasis elektronik, Project Based Learning (PjBL), mobile learning, media pembelajaran berbasis Augmented Reality, kegiatan praktikum yang inovatif, dan pembelajaran blended learning. Pembelajaran dengan blended learning menjadi altenatif yang bisa dilakukan guru dalam pembelajaran dan memungkinkan peserta didik belajar lebih merdeka sesuai dengan kemampuan dan potensinya sehingga siswa memiliki kebebasan berinovasi dan belajar secara mandiri.
Downloads
References
Afrina, M. (2022). Chemistry Mobile Learning dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 5(1), 45–58.
Al-Idrus, S. W., Muti’ah, M., & Rahmawati, R. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNRAM. Pensa, 3(1), 139–148. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1246
Andrews, J. L., De Los Rios, J. P., Rayaluru, M., Lee, S., Mai, L., Schusser, A., & Mak, C. H. (2020). Experimenting with At-Home General Chemistry Laboratories during the COVID-19 Pandemic. Journal of Chemical Education, 97(7), 1887–1894. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.0c00483
Argiyanti, A., Rochintaniawati, D., & Anggraeni, S. (2022). Ketertarikan Peserta Didik SMA terhadap Penggunaan Platform Instagram Sebagai Platf orm Penyampaian Materi Pembelajaran Biologi Pasca Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5595–5606.
Astuti, R. T. (2021). College Student ’ s Perceptions of Online Learning Using E- Learning. Proceeding of International Education Conference, 297–301.
Aulawi, R. M., Winarno, W. W., & Nasiri, A. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Geometri Molekul Kimia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. IJAI: Indonesian Journal of Applied Informatic, 3(2), 37–72. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
Cahyana, U., Paristiowati, M., & Fauziyah, S. (2018). Development of Android-Based Mobile learning media on Atomic Structure and Periodic Table. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 434(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/434/1/012095
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669
Ernawati, M., Yuni, E., & Malik, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Proyek pada Materi Termokimia di Kelas XI SMA. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(1), 9–16. https://doi.org/10.22437/jisic.v10i1.5306
Ewais, A., Hodrob, R., Maree, M., & Jaradat, S. (2021). Mobile Learning Application for Helping Pupils in Learning Chemistry. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(1), 105–118. https://doi.org/10.3991/IJIM.V15I01.11897
Gouger, A. R., & Mirowsky, J. E. (2022). Using Project-Based Learning to Assess the Effectiveness of Water Filtration Devices in Removing Chemical Analytes in an Undergraduate Analytical Chemistry Laboratory. Journal of Chemical Education, 99(7).
Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., & Manuhutu, M. A. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Handayani, D., Winarni, E. W., Sundaryono, A., & Firdaus, M. L. (2021). Implementation of Project-Based Learning Model with Edmodo Application in the Capita Selecta Chemistry Course. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(2), 184–195. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i2.90
Hutabarat, P. M., Sanova, A., & Syamsurizal. (2021). Modul Elektronik Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Ikatan Kimia. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 1–12. file:///D:/Sri Mulyanti/riset/artkel orbital.pdf
Ishak, P. M., Harizon, & Muhaimin. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi Chemo-Entrepreneurship dan Hubungannya dengan Life Skill Siswa dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2745–2753. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/26142
Kahar, M. I., Cika, H., Nur Afni, & Nur Eka Wahyuningsih. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58–78. https://doi.org/10.24239/moderasi.vol2.iss1.40
Karim, B. A. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Education and Learning Journal, 1(2), 102. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.54
Kennepohl, D. (2021). Laboratory activities to support online chemistry courses: A literature review. Canadian Journal of Chemistry, 99(11), 851–859. https://doi.org/10.1139/cjc-2020-0506
Khefrianti, S. (2021). PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING IKATAN KIMIA UNTUK. 4(2), 191–207.
Macariu, C., Iftene, A., & Gîfu, D. (2020). Learn chemistry with augmented reality. Procedia Computer Science, 176, 2133–2142. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.09.250
Mardhiya, J. (2020). Bahan Ajar Elektronik (E-Book) Kimia Umum II Berbasis Kontekstual Materi Larutan : Desain dan Pengembangan. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 100–107. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1978
Misnawati. (2021). Model pembelajaran di masa pandemi Covid-19: Synchronous and asynchronous (Blended e-learning). Elaborasi Ilmu Sosial Untuk Covid-19: Pengajaran, Pembelajaran Serta Eksistensi Lembaga Pendidikan Selama Pandemi Covid-19, 44–55.
Muliadi, A., Mirawati, B., & Jannah, H. (2020). Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19: Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi. Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 : Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi, 5(2). http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index
Nainggolan, B., Hutabarat, W., Situmorang, M., & Sitorus, M. (2020). Developing innovative chemistry laboratory workbook integrated with project-based learning and character-based chemistry. International Journal of Instruction, 13(3), 895–908. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13359a
Ngoc Tuan, N., Thi Hanh, B., & Trung Ninh, T. (2020). Project Based Learning in General Chemistry to Develop the Problem-Solving and Creativity. American Journal of Educational Research, 8(7), 475–479. https://doi.org/10.12691/education-8-7-4
Pakpahan, D. N., Situmorang, M., Sitorus, M., & Silaban, S. (2022). The Development of Project-Based Innovative Learning Resources for Teaching Organic Analytical Chemistry. Proceedings of the 6th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2021), 591(Aisteel), 782–788. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211110.180
Permatasari, M. I. (2021). Implementasi Pembelajaran Kimia Berbasis Daring (Google Classroom Dan Zoom Cloud Meeting) Di Smk Negeri 1 Tanjung Palas. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 154–161. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i2.480
Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.307
Rahmawati, Y., Ridwan, A., Hadinugrahaningsih, T., & Soeprijanto. (2019). Developing critical and creative thinking skills through STEAM integration in chemistry learning. Journal of Physics: Conference Series, 1156(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1156/1/012033
Rohimat, S. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring Di Sma Negeri 6 Kota Serang Pada Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 3(2), 90–97. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v3i2.2088
Rowe, R. J., Koban, L., Davidoff, A. J., & Thompson, K. H. (2018). Efficacy of Online Laboratory Science Courses. Journal of Formative Design in Learning, 2(1), 56–67. https://doi.org/10.1007/s41686-017-0014-0
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Saraswati, N. L. P. A., & Mertayasa, I. N. E. (2020). Pembelajaran praktikum kimia pada masa pandemi covid-19 : qualitative content analysis kecenderungan pemanfaatan teknologi daring. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajaran., 14(2), 144–161.
Shidiq, A. S., Permanasari, A., Hernani, & Hendayana, S. (2021). Chemistry teacher responses to learning in the COVID-19 outbreak: Challenges and opportunities to create innovative lab-work activities. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012195
Silitonga, F. S. (2018). Desain E-Modul Berbasis Kemaritiman Pada Matakuliah Kimia Lingkungan Dengan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Zarah, 6(2), 63–67. https://doi.org/10.31629/zarah.v6i2.773
Suryaningsih, S., & Nisa, F. (2021). Kontribusi STEAM Project Based Learning dalam Mengukur Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6).
Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19. 485(Iclle), 284–287. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.048
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.