KEMAMPUAN LITERASI KIMIA SISWA PADA ASPEK PENGETAHUAN PADA MATERI IKATAN KIMIA
Keywords:
aspek pengetahuan, ikatan kimia, literasi kimiaAbstract
Literasi kimia merupakan perkembangan dari literasi sains yang harus dimiliki oleh siswa saat ini. Literasi kimia menjadi bagian penting bagi siswa untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi kimia yang dimiliki dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi kimia siswa pada aspek pengetahuan pada materi ikatan kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Responden pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan dengan tes dan menggunakan instrumen berupa soal literasi kimia berbentuk uraian yang terdiri dari aspek pengetahuan yang mencakup konsep ikatan kimia. Aspek pengetahuan pada soal tes terdiri dari enam indikator yang mencakup materi ikatan kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa memiliki kemampuan literasi kimia pada aspek pengetahuan dengan kategori sedang dengan persentase sebesar 73%. Perolehan hasil kemampuan literasi kimia pada tiap indikator aspek pengetahuan didapatkan bahwa pada indikator ikatan ion berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 81,5%, indikator sifat ikatan ion berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 81,5 %, indikator ikatan kovalen berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 74,1%, indikator ikatan campuran berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 81,5%, indikator kepolaran senyawa berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 85,2%, indikator kepolaran senyawa berada pada kategori rendah dengan persentase sebesar 44,4% , dan pada indikator ikatan logam berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 63%.
Downloads
References
Amiati, R. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Kimia Siswa SMP Di Kota Palembang Dalam Menyelesaikan Soal Model PISA.
Anjarsari, P. (2014). Literasi Sains Dalam Kurikulum dan Pembelajaran IPA SMP. Prosiding Semnas Pensa VI ”Peran Literasi Sains”, 602–607.
Arisman, A. A. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Metode Praktikum Dan Demonstrasi Multimedia Interaktif (Mmi) Dalam Pembelajaran Ipa Terpadu Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Edusains, 7(2), 179–184. https://doi.org/10.15408/es.v7i2.1676
Eli, Rohaeni Nur., Sari. (2018). Pembelajaran Sistem Koloid Melalui Media Animasi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris Kimiya, 3(2), 135–144. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3713
Hanum, L. (2020). Analisis Ketercapaian Literasi Sains Kimia pada Aspek Pengetahuan Siswa di SMA Negeri 1 Bireuen. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15714/
Harususilo, Y. E. (2019). Skor PISA 2018: Peringkat Lengkap Sains Siswa di 78 Negara, Ini Posisi Indonesia. Kompas.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/07/10225401/skor-pisa-2018-peringkat-lengkap-sains-siswa-di-78-negara-ini-posisi
Laksono, P. J. (2018). Studi Kemampuan Literasi Kimia Mahasiswa Pendidikan Kimia Pada Materi Pengelolaan Limbah. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1), 1-12.
Laksono, P. J. (2021). Literasi Digital Calon Guru Sains di Universitas Islam pada Masa Pandemi Covid-19. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 91-109.
Lestari, W., Wigati, I., Sholeh, M. I., & Pramita, D. (2022). Instrumen Literasi Digital Guru Menggunakan Model Rasch. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2), 104-113.
Imansari, M., & Sumarni, W. (2018). Analisis Literasi Kimia Peserta Didik Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2).
Jalil, R. M., Prastowo, T., & Widodo, W. (2019). Development of A-SSI Learning Media (Android Social Scientific Issues) to Improve Science Literation in Earth Coating Subject for First Grade of Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012085
Nisrina, Nina., Jufri, A Wahab., G. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA, 15(3), 192–199. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1880
Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 24. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2876
OECD. (2015). PISA 2015 Framework. Oecd, March 2015, 52. https://doi.org/10.1177/0022146512469014
OECD. (2019). PISA 2018 Results Volume I: What Students Know And Can Do: Vol. I. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42.
Ridani, M. (2021). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa MAN 2 Ngawi Pada Materi Hukum Dasar Kimia. Universitas Islam Negeri Walisongo.
Saija, M. (2019). Profil Kemampuan Literasi Kimia Siswa SMA Negeri 3 Ambon. Jurnal Kiprah, 7(2), 99–106. https://doi.org/10.31629/kiprah.v7i2.1463
Shwartz, Y., Ben-Zv, R., & Hofstein, A. (2005). The importance of involving high-school chemistry teachers in the process of defining the operational meaning of ‘chemical literacy.’ International Journal of Science Education, 27(3), 323–344. https://doi.org/10.1080/0950069042000266191
Thummathong, R., & Thathong, K. (2018). Chemical literacy levels of engineering students in Northeastern Thailand. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(3), 478–487. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2018.06.009
Wigati, I. (2021). Pembelajaran Daring Perspektif Gender Malalui Model Rasch. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 11(1), 54-66.
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan Dan Kompetensi Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor. Edusains, 8(1), 66–73. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.